5 Fakta Unik Tentang Malioboro: Wisata Yogyakarta Paling Populer

4
175
Sudut Malioboro
Sudut Malioboro

Siapa tidak kenal dengan Wisata Yogyakarta yang satu ini, landmark Yogyakarta yang sangat populer se antero Indonesia, bahkan Mancanegara. Banyak yang beranggapan belum Wisata  Yogyakarta jika belum mampir ke Malioboro, menjadikan  jantung Kota Yogyakarta ini selalu ramai oleh wisatawan.

Apa saja sih fakta – fakta unik tentang Malioboro yang perlu kita ketahui?

  1. Sejarah Nama Malioboro

Untuk sejarah nama Malioboro sendiri beragam cerita menyertainya, dari nama yang berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti “karangan bunga”.  Karena pada jaman dahulu jika Keraton mengadakan hajatan, sepanjang jalan ini akan dipenuhi oleh karangan bunga. Juga cerita tentang perlawanan tentara Inggris dan Yogyakarta. Konon untuk menggugah semangat, tentara Inggris menanamkan semangat kepahlawanan Kerajaan Inggris ” Duke of Malborouh”. Karena seringnya tentara Marlborough melewati jalanan yang saat itu belum bernama, untuk menuju pusat kota, akhirnya masyarakat menamakan jalan itu marlborouh (Malioboro).

Baca : Fakta Candi Prambanan

  1. Papan Nama Jalan Malioboro Yang Terkenal

Papan nama Jalan Malioboro ini menjadi spot foto andalan para wisatawan. Meskipun hanya berfoto di bawah plang jalan ini, tapi bisa – bisa anda perlu mengantri panjang. Pulang ke kota asal dengan membawa kenang – kenangan foto di bawah plang jalan Malioboro ini menjadi kesenangan tersendiri.

  1. Dekat dengan tempat – tempat wisata lain

Malioboro wisata Yogyakarta ini juga dekat dengan tempat – tempat wisata Yogyakarta lainnya. Diantaranya alun – alun selatan, Taman Sari, Taman Pintar, Keraton dan masih banyak yang lainnya. Bisa anda jangkau hanya dengan jalan kaki, naik becak yang bisa anda temui di jalan Malioboro atau juga delman. Yang juga bisa anda jumpai di sepanjang jalan Malioboro.

  1. Pusat oleh – oleh paling lengkap

Di sepanjang jalan Malioboro ini dipenuhi oleh pertokoan dan pedagang kaki lima di kanan dan kirinya. Anda bisa membeli oleh – oleh mulai dari aksesoris, pernak – pernik hiasan rumah, pakaian, jajanan dan lainnya. Jika anda sedang jalan – jalan menyusuri jalan ini dan merasa lapar, anda tidak perlu khawatir. Karena banyak pedagang kaki lima menjajakan makanan Indonesia, juga restoran cepat saji bisa anda temui di sepanjang jalan ini.

  1. KM 0

Jika anda menyusuri Jalan Malioboro dari arah Tugu, maka di penghujung jalan anda akan menemui KM 0 Yogyakarta. Tempat ini tidak pernah sepi. Apalagi saat hari libur dan akhir minggu. Selalu ada pertunjukan dari pemuda pemudi Jogja di ujung jalan Malioboro Wisata Yogyakarta ini.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here