Kebebasan Financial

Baru baru ini Pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta api penumpang jalur baru dengan tujuan Tasikmalaya. Kehadiran kereta api ini tentunya menjadi angin segar bagi sektor pariwisata Jawa Barat pada umumnya dan tentunya pad jalur yang dilewati terutama pariwisata Tasikmalaya dan Pangandaran.

Jika selama ini, Bandung dan Bogor selalu menjadi destinasi wisata favorit masyarakat jika liburan tiba. Akses yang mudah serta beragam objek wisata yang ditawarkan menjadi salah satu alasan dua kota ini tetap populer.

Kereta Api Pangandaran
Dukungan Pemerintah dalam pengembangan sektor Pariwisata dengan diluncurkannya KA Pangandaran

Bagi Anda yang gemar menjelajahi objek-objek wisata baru dan berbeda tentu bosan berkunjung ke dua kota tersebut. Lalu, dimanakah Anda dapat menemukan objek-objek wisata baru? Datanglah ke lokasi wisata Tasikmalaya, maka pesona gunung, goa hingga gugusan pantai selatan Jawa Barat akan menyambut Anda.

Hamparan Pesona Objek Wisata Pantai di Tasikmalaya

Letak kabupaten Tasikmalaya berada di pesisir selatan Jawa Barat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika daerah ini memiliki gugusan pantai yang mempesona. Beberapa destinasi wisata pantai di Tasimalaya, yaitu:

Pantai Cipatujah

Pantai ini memiliki luas area sebesar 115 hektare. Pesona yang dimilikinya adalah berupa terumbu karang dan aneka ragam spesies laut. Keunikan lain dari pantai Cipatujah adalah warna pasirnya. Jika pantai umumnya berpasir putih, maka disini memiliki pasir besi. Jenis pasir ini bermanfaat untuk berjemur dan relaksasi.

Sunset di Cipatujah tasikmalaya
Senja di Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Pantai yang merupakan terpanjang di pesisir selatan ini bukan hanya bisa menikmati deburan ombak, pantai yang landai atau hamparan pasir putih yang membentang luas untuk bermain, disini juga banyak terumbu karang yang menjadi tempat bertelur ikan.

Pantai Sindangkerta

Pantai selatan mempunyai banyak pesona pantai indah yang menakjubkan, dan tasikmalaya salah satu yang mempunyai deretan pantai dengan keindahan yang bisa dinikmati. Memiliki hamparan pasir putih yang luas dan landai, disini juga terdapat taman laut seluas hampir 20 hektar dengan aneka biota laut hidup didalamnya.

Lokasi wisata di Tasikmalaya yang sangat disarankan bagi Anda adalah pantai Sindangkerta. Apa keistimewaan dari pantai ini? Area pantai ini merupakan tempat penangkaran spesies penyu langka oleh Pemkot Tasikmalaya. Anda pun dapat menyaksikan proses penangkaran penyu secara langsung. Jarak pantai Sindangkerta hanya 4 km dari Pantai Cipatujah.

Kawasan Wisata Gunug Galunggung
Kawasan Wisata Gunug Galunggung

Objek Wisata Gunung yang Bersejarah

Gunung Galunggung

Tidak hanya pantai, Tasikmalaya juga memiliki destinasi populer dan bersejarah, yaitu Gunung Galunggung. Gunung ini memiliki sejarah letusan yang sangat fenomenal di masa lalu. Kini, sisa letusan tersebut membentuk sebuah danau pada kawah mati yang indah.

Panorama kawah di Gunung Galunggung yang sangat indah menjadi favorite para pengunjung, selain itu, terdapat juga sebuah air terjun di lereng Gunung ini dan fasilitas kolam renang pemandian air panas.

Objek Wisata Goa Peradaban Kuno

Tasikmalaya memang kaya akan nilai sejarah peradaban kuno. Anda dapat membuktikannya dengan mengunjungi destinasi wisata berupa goa Malawang.

Goa Malawang

Goa ini menyimpan banyak sisa peradaban kuno masa lampau. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Balai Arkeologi Bandung ditemukan beberapa benda bersejarah. Benda tersebut berupa gerabah, fragmen keramik, kapak batu hingga tulang binatang.

Itulah beberapa lokasi wisata di Tasikmalaya yang dapat Anda kunjungi. Kini, Anda tentu semakin kaya referensi mengenai destinasi wisata di Jawa Barat. Oleh karena itu, jika liburan tiba agendakanlah berkunjung ke Tasikmalaya. Anda tidak perlu ragu karena wisata alam pegunungan, sejarah peradaban kuno hingga pesona pantainya siap memanjakan liburan.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here