Bangunan bersejarah Lawang Sewu terkenal angker dan mistis. Gedung bersejarah ini pada jaman dulu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatzchappij atau NIS. Yaitu perusahaan pembuat jalur rel kereta api dari Semarang ke Solo dan ke Jogja. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda. Berikut beberapa fakta mengenai Lawang Sewu:

Baca : Wisata Populer Jawa Tengah

  1. Bekas Penjara

Selain merupakan bekas gedung milik Belanda, Lawang Sewu juga sempat beralih fungsi menjadi penjara paling kejam pada masa penjajahan Jepang. Sisa kekejaman Jepang masih bisa ditelusuri diruangbawah tanah, ada beberapa ‘fasilitas’ penjara yang mengisahkan kekejaman jepang, seperti penjara duduk, penjara berdiri dan juga ruang eksekusi.

Bangunan yang masih bisa kita lihat sebagai saksi bisu,kekejaman Jepang adalah bangunan ukuran 3×3 meter dengan tinggi 1 meter, yang dulu digunakan sebagai tahanan duduk. Para tawanan yang dimasukan ruangan ini akan dipaksa duduk didalam genangan air, dengan dipermukaan ditutup memakai besi, yang memaksa tawanana harus terus duduk agar bisa bernafas.

Dan bangunan lain adalah ruangan berukuran 1×1 meter persegi dengan tinggi duameter, ini diperuntukan sebagai penjara berdiri, dimana dalam ruangan sempit ini dimasukan lima orang tawanan sehingga berdesakan dan memaksa mereka harus berdiri terus. Dan juga terdapat ruang eksekusi didekat sungai yang diperuntukan bagi tawanan yang membandel, akan langsung dipenggal kepalanya dan dibuang ke sungai sehingga air berwarna merah.

  1. Didesain oleh Arsitek Eropa

Pembangunan Lawang Sewu didesain oleh arsitek Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft) dan B.J. Quendag dari Amsterdam. Pembangunan gedung ini dimaksudkan sebagai Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat Administrasi Kereta Api – NIS).

  1. Sumur Tua yang Angker

Dengan sejarah “kelam” sebagai tempat penjara dan tepat penyiksaan sekaligus ekseskusi menjadikan Lawang Sewu dikenal sebagai lokasi yang angker, salah satunya adalah sumur tua. Terletak di halaman gedung Lawang Sewu, konon dari sumur ini sering kali terdengar suara teriakan, kesakitan dan ketakutan. Padahal sumur ini di kunci rapat dan tidak pernah di buka. Banyak yang mengira suara – suara tersebut adalah suara korban kekejaman penjajahan dulu kala.

  1. Lorong Hantu

Lawang Sewu memiliki sebuah lorong yang disebut lorong hantu. Ada penjara serta bunker di lorong ini. Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, kita akan bias melihat sosok bayangan berbentuk manusia dengan mata menyala berwarna hijau yang berjalan dan merangkak jika anda berdiam dan berjongkok di lorong hantu ersebut.

  1. Bangunan Paling Angker No-2 di Asia

Tempat wisata di Semarang ini merupakan bangunan paling angker ke – dua se Asia. Dimana yang pertama adalah bangunan bekas sekolah di Hongkong. Ada yang bilang pernah melihat sebuah tangan hitam besar di pintu gerbang besar yang mengarah ke ruangan utama. Ada juga yang mengaku pernah melihat pocong dengan wajah rusak. Ada pula yang mengaku pernah melihat bayangan putih dan bias menembus tembok. WOW! Seram sekali ya tempat wisata di Semarang ini.

Tetapi jangan salah, meskipun banyak sekali cerita – cerita menyeramkan tersebut, tempat wisata di Semarang ini juga sering sekali menjadi lokasi pre wedding pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.