Yogyakarta memang dikelilingi dengan bermacam situs peninggalan sejarah dan budaya yang mendunia, salah satunya yang populer adalah wisata sejarah yang unik dan dipadu dengan pemandangan alam yang indah candi Ratu Boko atau juga dikenal istana Ratu Boko.

Baca juga : Fakta Tentang Candi Prambanan

Jangan lupa berkunjung ke wisata sejarah Ratu Boko jika anda sedang berkunjung ke area wisata candi Prambanan. Karena lokasi kedua candi sangat dekat. Hanya berjarak 3 km. destinasi wisata Ratu Boko ini sarat akan cerita Legenda dan sejarahnya.

Keindahan wisata sejarah situs Ratu Boko

  1. Sejarah

Ratu Boko ini menurut para ahli bukanlah sebuah candi. Tetapi adalah sebuah bangunan masa lalu yang pada masanya adalah sebuah keraton. Hal ini diperkuat dengan bukti adanya pagar berbentuk benteng membentang melingkari bangunan situs Ratu Boko itu sendiri. Terdapat pula sisa – sisa pemukiman di lingkungan situs ini. Nama Ratu Boko ini memiliki arti yaitu Raja Bangau yang adalah ayahanda dari Roro jonggrang.

  1. Legenda

Situs Ratu Boko wisata Jawa Tengah ini ditemukan pada tahun 1790. Terdapat sebuah prasasti yang bernama Prasasti Abhayagiri Wihara, artinya adalah sebuah wihara di atas bukit yang terbebas dari bahaya. Pada prasasti ini tertulis sebuah nama Rakai panangkaran. Yaitu seorang Raja pada era kerajaan Mataram dan memeluk agama Budha yang kemudian mengundurkan diri. Dalam situs Ratu Boko ini terdapat Arca Dyani Buddha yang merupakan sebuah bukti bahwa situs ini adalah situs yang dibuat dengan latar belakang agama Budha.

 

Baca juga : Wisata Populer Jawa Tengah

  1. Perkembangan bangunan

Oleh Balaputra, sekeliling bangunan Ratu Boko ini kemudian dibangun sebuah pagar yang dimaksudkan untuk membentengi raja bawahan. Pagar ini berupa tumpukan batu – batu dengan jumlah ratusan. Di dalam kompleks situs Ratu Boko ini juga terdapat dua buah gua yang digunakan untuk bersemedi.

  1. Ratu Boko sekarang

Ratu Boko kini sedang dipersiapkan untuk wisata edukasi dan kegiatan budaya. Kini pada bagian depan gapura Ratu Boko sudah dilengkapi dengan restoran dan ruang terbuka yang bisa digunakan untuk pertemuan berkapasitas 500 orang. selain itu, terdapat pula tempat kemping, pemandu wisata dan edukasi arkeologi. Hal ini tentu saja sangat menarik untuk di kunjungi.

  1. Instagramable

Istilah kekikian saaat ini adalah instagramable. Adalah istilah yang cocok untuk menggambarkan keindahan situs Ratu Boko ini. Pengunjung tidak henti – hentinya jepret sana sini demi mengabadikan setiap sudut situs bersejarah ini. Bagaimana tidak, situs ini memiliki keindahan bersejarah pada setiap sisi nya.

Jadi, sekali lagi jangan lupa untuk berkunjung ke wisata Jawa Tengah Ratu Boko jika anda sedang berwisata ke Candi Prambanan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here