Pulau Burung, Wisata di Ujung Barat Yang Kekinian

0
143
Pulau Burung, Wisata di Ujung Barat Yang Kekinian
Pulau Burung, Wisata di Ujung Barat Yang Kekinian

Siapa yang tidak mengenal Banten dengan Ujungkulonnya, karena terkenal dengan konservasi badak bercula satunya, atau pantai-pantai pasir putihnya di Carita dan juga cerita seram serta megahnya anak gunung Krakatau. Sangat sedikit yang mengetahui bahwa di Banten juga tidak jauh dari Ujungkulon terdapat pulau indah yang juga merupakan pulau cagar alam, yang cukup dikenal sebagai Pulau Burung.

Pulau Burung, Wisata di Ujung Barat Yang Kekinian

Pulau Burung Wisata Banten ini wajib dikunjungi para pecinta burung 

Pulau Burung? Di Kota Wisata Banten? Apakah ini adalah sebuah pulau yang memiliki bentuk menyeruapi burung?

Baca juga : Pantai Bagedur Yang Menghipnotis

  1. Sejarah Pulau Burung

Pulau Burung sebenarnya adalah pulau Dua yang kemudian seiring berjalannya waktu mengalami pelumpuran. Sehingga tidak ada lagi batas pulau Dua dengan Pulau Jawa. Yang kemudian tanah hasil pelumpuran tadi ditumbuhi oleh tanaman – tanaman mangrove. Selain ditumbuhi tanaman mangrove, masyarakat sekitar manfaatkan tanah yang timbul tersebut sebagai tambak.

Di pulau Dua ini terdapat ratusan burung yang bertelur dan menetaskan telurnya disini. Hingga pada tahun 1977 pemerintah menetapkan Pulau Dua sebagai Kawasan Pelestarian Alam.

  1. Kunjungan ratusan burung dari seluruh penjuru dunia

Wisata Banten Pulau Burung dengan luas 30 hektar ini setiap bulan April dan Agustus dikunjungi oleh ribuan burung dari seluruh penjuru dunia. Dari ribuan burung yang datang, 60 jenis terbang dari negara lain. Mulai dari Australia, Afrika dan Asia. Tidak terbayangkan pemandangan pulau ini dengan jumlah burung sebanyak itu ya. Hal ini terjadi karena burung – burung ini mencari cuaca yang lebih hangat dari cuaca daerahnya. Biasanya saat cuaca mulai dingin. Dan kembali ke tempat asalnya kembali saat cuaca mulai berganti.

 3.  Mangrove jenis baru ada disini

Pada tanah yang timbul akibat proses pelumpuran tumbuh mangrove jenis baru. Yaitu mangrove jenis Avicennia marina, yang kemudian tumbuh menjadi satu dengan mangrove yang sebelum terjadi pelumpuran telah tumbuh di sekitar Pulau burung ini.

  1. Pemandangan laut dan karang

Selain ribuan burung yang menjadi magnet utama dari Wisata Banten Pulau burung ini, daya tarik lain adalah kehidupan biota laut, bermacam – macam jenis ikan laut dan gugusan karang yang sangat indah. Pemandangan tebing – tebing yang dipenuhi oleh burung – burung ini membuat kita merasa seperti ada belahan bumi yang lain.

  1. Binatang selain burung

Kawasan cagar alam ini mempunyai ekosistem tumbuhan tropis, Selain burung, terdapat satwa lainnya yang hidup dikawasan ini, seperti kucing hutan, ular piton dan biawak yang menghuni Wisata Banten pulau Burung ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here