Wisata Jawa Tengah Terpopuler Yang Wajib Anda Kunjungi!

2
121
Borobudur Jawa Tengah
Borobudur Jawa Tengah
Free Website Visitors
Free Twitter Followers

Propinsi Jawa Tengah selalu menjadi tujuan wisata saat liburan.  Selain kekentalan nya akan tradisi jawa klasik, wisata Jawa Tengah memang memiliki banyak destinasi wisata dengan pemandangan yang indah dan selalu membuat wisatawan ingin kembali lagi.

  1. Candi Borobudur

Ikon sejarah yang terletak di Kota Magelang ini memiliki daya tarik yang tiada habisnya bagi wisatawan lokal maupun domestik. Selain merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia, UNESCO juga menyatakan Candi Borobudur sebagai World Heritage Sites karena nilai seni dan keindahannya. Bangunan candi yang merupakan peninggalan Dinasti Syailendra ini banyak menyimpan cerita sejarah yang harus kita jaga dan juga merupakan tempat ibadah agama Budha, setiap tahun di Hari Raya Waisak selalu menjadi pusat kegiatan keagamaan.

  1. Lawang Sewu

Terletak di Tugu Muda Semarang, memudahkan para wisatawan untuk menuju tempat wisata ini. Sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda yang di gunakan sebagai kantor perusahaan trem pada jaman penjajahan Belanda. Wisata Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah ini dikenal dengan wisata horornya, sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin mencoba keberaniannya. Keindahan arsitektur dan nilai sejarah bangunan ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan, selain juga sangat instagramable (istilah jaman now) buat berfoto ria.

  1. Malioboro Yogyakarta

Yogyakarta terbuat dari Rindu, Pulang dan Angkringan, namun perlu ditambah juga Malioboro karena lokasi ini selalu menjadi favorite para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Jalan Malioboro bukan hanya sekedar jalan raya yang membentang dari titik nol Kota Yogyakarta hingga stasiun Tugu, namun disini menjadi pusat aktivitas kegiatan warga Kota Yogyakarta. Berada di tengah kota Yogyakarta, kawasan ini dipenuhi dengan pedagang kaki lima dan pertokoan yang menjajakan berbagai macam jenis oleh – oleh khas Kota Gudeg.

Tugu Jogya
Tugu Jogya
  1. Gunung Andong Ambarawa

Kota ini berdataran tinggi dan ber suhu dingin. Bagi anda pecinta hiking, Gunung kecil dengan ketinggian 1.726 mdpl ini cukup menantang untuk di daki. Jalur lurus menanjak dengan hanya 1 kali bonus di pos 1 akan terbayar saat anda mencapai puncak. Meskipun tergolong rendah namun panorama dari lokasi iini menjadi favorite pendaki, hingga pada setiap akhir pekan selalu penuh dengan pengunjung.

  1. Museum Kereta Api Kota Ambarawa

Mengisi liburan panjang tidak berarti harus ke lokasi lokasi yang jauh dan mahal, berwisata ke lokasi bersejarah juga perlu untuk menambah pengetahuan kita tentang sejarah disekitar kita. Wisata Jawa Tengah yang satu ini sangat berbeda dengan wisata lainnya, di isi dengan suatu perjalanan yang tidak biasanya, seperti dengan menaiki Kereta jaman dulu yang masih menggunakan bahan bakar uap di Kota Magelang tepatnya di Museum Kereta Api Kota Ambarawa. Merupakan stasiun kereta api peninggalan Belanda. Memiliki berbagai macam koleksi kereta api tua. Salah satunya adalah kereta api uap dari 3 yang tersisa di seluruh dunia. Wisatawan dapat menikmati sensasi naik kereta tua pada hari minggu.

  1. Dataran Tinggi Dieng

Negeri diatas awan, mendapatkan predikat tersebut karena Dieng terletak diatas ketinggian 2093 mdpl, sehinga karena letaknya yang tinggi menjadikan Dieng sebagai lokasi dengan panorama yang sangat indah dan tentunya udara yang sangat sejuk bahkan bisa dibilang dingin. Namun hal tersebut malah semakin menjadikan Dieng lokasi favorite wisatawan dari kota-kota besar yang setiap hari bergelut dengan polusi dan menjadi andalan wisata Jawa tengah.  Terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Memiliki telaga Warna, kawah candradimuka, gua – gua dan kompleks candi – candi Hindu sebagai landmark.

Sembungan Village
Sembungan Village
  1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Berdirinya Kasunanan Suarakarta Hadiningrat tidak lepas dari dampak berkepanjangan konflik yang terjadi di Kerajaan Mataram Islam. Pembangunan Istana ini dilakukan karena melihat Istana Plered,( pada masa Amangkurat I setelah dipindahkan dari Kota Gede Yogyakarta)  sudah dikuasai para pemberontak sehingga tidak layak untuk Kota Pemerintahan. Merupakan kerajaan jawa yang memerintah pada beberapa abad yang lalu. Keraton ini menjadi ikon Kota Solo. Terdapat menara bertingkat yang berfungsi untuk memata – matai Belanda pada masa penjajahan.

  1. Karimun Jawa

Kenidahan alam bahari Indonesia memang sudah terkenal di dunia, bukan hanya Raja Ampat atau Derawan saja kita bisa menikmati keindahan bawah laut. DI bagian utara pulau Jawa juga kita bisa menikmati panorama indah dengan beningnya air dan lembutnya pasir. Kepulauan Karimunjawa merupakan destinasi wisata jawa Tengah yang diandalkan dari sektor bahari. Keindahan bawah laut wisata Jawa Tengah ini telah memberikan kenangan tersendiri di hati para pengunjung. Selain itu pemandangan nya yang luar biasa sangat menakjubkan.

  1. Museum purbakala Singiran

Museum ini terletak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Memiliki 13.809 koleksi fosil manusia purba. Ada banyak pengetahuan tentang arkeologi, geologi paleoanthropologi dan biologi yang di dapatkan dari tempat wisata ini. Museum Purbakala ini menjadi gambaran kondisi kehidupan manusia di masa lampau, dimuseum ini mrupakan lokasi yang paling banyak fosil yang ada di Pulau Jawa.

  1. Taman Wisata Air Panas Guci

Terletak di 40 km dari Kota Tegal. Berlokasi di lereng Gunung Selamet. Air panas di wisata Jawa Tengah yang satu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Objek wisata Pemandian Air Panas Guci ini akan ramai dikunjungi terutama pada hari kamis wage karena keesokannya dalah merupakan Jumat Kliwon, hal ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat sekitar bahwa jika mandi pada tengah malam di malam jumat kliwon, segala permohonan akan dikabulkan, masyarakat lebih mengenalnya dengan ngalap berkah.

ThoriqAlfatah

ThoriqAlfatah

Hanya orang yang suka melangkahkan kaki setapak demi setapak, perlahan menapaki indonesia. Dalam perjalanan yang terkadang berbatu, terkadang mendaki dan terjal, menurun, tandus, penuh bunga.

Hubungi kami: [email protected]
ThoriqAlfatah

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here