Senin, Juli 15, 2019
Beranda blog

Apa dan Bagaimana Bisnis Tour & Travel?

1

Mengapa Bisnis Tour & Travel?

Market Besar

Bisnis yang bagus tak hanya bicara tentang market-nya saja yang besar, namun permintaannya pun harus tinggi. Potensi ini ada di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Pesawat adalah moda transportasi yang disukai saat ini karena di samping bisa cepat sampai tujuan, harga tiket pun relatif terjangkau. Dari data BPS (Badan Pusat Statistik), tiket pesawat pada tahun 2012 terjual lebih dari 60 juta lembar, tahun 2013 terjual sebanyak lebih dari 80 juta lembar, dan tahun 2014 lebih dari 100 juta lembar. Angka yang sangat fantastis, mengingat hampir setiap tahun kenaikannya mencapai 30-40%. Di Jakarta saja, setiap bulan terdapat rata-rata 2 juta penumpang, belum di kota-kota lainnya.

<iframe align=”center” frameborder=”yes” height=”250px” name=”frame1″ scrolling=”auto” src=”https://agen-travel.id/” style=”border: 1px solid;” width=”250px”></iframe>

Anggap saja, kita bisa mengambil market sebesar 0.1 persennya saja dari penumpang potensial di Jakarta, yaitu 2000 penumpang. Keuntungan tiket pesawat rata-rata 25rb per pax (passenger), maka bila dihitung keuntungan yang kita dapatkan adalah 50jt per bulan. Itulah yang dinamakan faktor kali, sedikit x banyak x sering = banyak. Sangat potensial dan menarik bukan? Ini baru 1 dari 19 layanan yang bisa Anda pasarkan untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah dari usaha Anda. Bagaimana jika nantinya Anda bisa memaksimalkan semuanya?

Bisnis Sepanjang Masa

Bisnis ini bukan bisnis musiman dan bisa dikatakan tidak ada sepinya. Terbukti, di bandara, stasiun, atau terminal tidak pernah sepi penumpang. Jika kita berbisnis sesuatu yang bersifat musiman, seperti bisnis jualan terompet tahun baru, lakunya hanya pada momen tahun baru saja biasanya. Berbeda dengan bisnis Tour & Travel yang bisa menjadi bisnis sepanjang masa. Bisnis ini akan laku terus selagi orang masih membutuhkan transportasi. Biasanya, penjualan meningkat drastis saat peak season dan high session seperti menjelang hari raya (Lebaran, Natal, dan lainnya), tahun baru, dan hari-hari besar lainnya.

Bisnis yang Dibayar di Depan

Salah satu kriteria bisnis yang bagus adalah yang menerima pembayaran di depan. Bisnis Tour & Travel, salah satunya. Setelah customer membayar, barulah kita melakukan issued dan print atau berikan tiket/e-ticketnya.

Bisa Dibuka di Mana Saja

Untuk menggeluti bisnis ini, yang harus Anda lakukan hanyalah mempunyai sistem ticketing-nya. Anda cukup membeli sistem franchise Tour & Travel sekali saja, yang untuk berikutnya bisa dibuka berulang kali.

Profit = Passion

“Sebagian orang yang terlalu skeptis berpikir bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang sesuai dengan Hobi. Namun seiring dengan berjalannya waktu Anda akan dapati bahwa disaat Anda mulai merasakan keuntungannya, bisnis ini akan mulai bergeser menjadi passion Anda.

Mengapa sebelum adanya Solusi ini Buka Tour & Travel begitu Sulit?

Legalitas Perusahaan

Untuk memulai usaha Tour & Travel, kita harus menyiapkan berbagai persyaratan menyangkut legalitas dengan biaya pengurusan yang tidak bisa disebut kecil, seperti biaya untuk perizinan, akta notaris, domisili, HO, NPWP, SIUP, TDP, SK Kehakiman, Badan Pariwisata, sampai izin kementerian. Untuk masalah legalitas saja, kita harus menyiapkan dana sekitar 40-50jt dengan proses yang bisa memakan waktu sekitar 2-3 bulan. Kita baru bisa membuka bisnis Tour Travel setelah izin-izin tersebut rampung.

Untuk Pemula, Harus Offline

Jadi, jika masih pemula dalam bisnis ini, kita melakukan proses booking-nya via telepon ke agen travel lain, harus ada semacam LG (letter of guaranted), dan mengambil tiketnya ke agen travel lain. Dalam konteks ini, akan ada banyak waktu terbuang karena kita harus menunggu agen travel lain untuk issued tiket. Sementara itu, untuk mendapatkan sistem reservasi online langsung dari airline, kita biasanya akan diminta membuat laporan penjualan 3 bulan terakhir. Dalam hal ini, tentu kita harus menjadi sub agen ke agen travel lain yang sudah punya sistem.

Wajib Deposit
Jika rata-rata deposit per maskapai adalah 10jt rupiah, maka jika ada 20 maskapai, modal yang harus kita siapkan adalah sektiar 200jt untuk dapat bertransaksi. Itu pun harus ada saldo mengendap di masing-masing maskapai sebesar 1jt rupiah.

Ada Target yang Harus Dicapai

Ada target yang harus dicapai dalam sebulan, misalnya harus bisa menjual sejumlah tiket. Jika tidak mencapai target, akun kita untuk dapat mengakses sistem maskapai tersebut akan ditutup.

Trial & Error

Kita harus melakukan trial dan error untuk mendapatkan formula paling tepat dalam menjalankan bisnis ini. Kita harus mencoba, meraba-raba sendiri, dan pasti melakukan kesalahan hingga merugi karena maskapai umumnya tidak menyediakan training atau pelatihan seputar pemesanan tiket.

Sekarang, apakah ada cara yang lebih mudah dan murah untuk membuka Usaha Tour & Travel?
Jawabannya: Ada! 
Silahkan Anda pelajari penjelasan selanjutnya dibawah ini sampai selesai.

Alun-Alun Kota Kisaran, Ikon Wisata Spektakuler Sumatera Utara

0
Alun alun Kota Kisaran
Alun alun Kota Kisaran

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali ikon wisata spektakuler dan sangat menarik tentunya untuk dikunjungi. Bagi anda yang tinggal di Provinsi Sumatera Utara pastinya sudah tidak asing lagi dengan ikon wisata yang satu ini. Ikon wisata tersebut bernama Alun-Alun Kota Kisaran. Alun-Alun Kota kisaran terletak di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Ada banyak sekali keistimewaan yang ada pada ikon wisata yang satu ini.

Alun alun Kota Kisaran
Alun alun Kota Kisaran

Yang membuat Alun-Alun kota kisaran menjadi spektakuler yaitu karena ikon wisata ini dibangun pada tanah yang sangat luas. Tak hanya itu saja, di Alun-Alun Kota Kisaran juga terdapat sebuah bangunan masjid yang sangat kokoh dan juga megah. Masjid tersebut merupakan masjid terbesar yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Pokoknya menarik sekalilah untuk dikunjungi.

Para pengunjung yang datang biasanya sering memanfaatkan bangunan masjid tersebut untuk beribadah. Alun-Alun Kota Kisaran juga sering menjadi alternatife orang-orang yang melakukan perjalanan jauh untuk beristirahat sejenak sembari melihat spot pemandangan yang sangat luar biasa. Dijamin deh, rasa lelah akan hilang seketika saat berkunjung ke Alun-Alun Kota Kisaran.

Bagi anda semua yang ingin berkunjung ke Alun-Alun Kota Kisaran, tenang saja untuk masalah biaya gratis kok. Anda tidak akan dipungut biaya apapun ketika masuk ke Alun-Alun Kota Kisaran. Bahkan, parkir dan toilet saja gratis. Jadi, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengeluarkan sejumlah uang jika ingin berkunjung ke Alun-Alun Kota Kisaran.

Alun-Alun Kota Kisaran juga bisa menjadi pilihan bagi anda semua yang ingin melakukan perjalanan liburan tanpa harus memikirkan beban biaya yang akan dikeluarkan. Bangunan Masjid yang ada di Alun-Alun Kota Kisaran juga masih memegang erat budaya melayu. Karena Kabupaten Asahan merupakan tanah melayu. Hal ini dapat dibuktikan dari warna dan juga arsitektur masjid yang hidup dengan suasana melayu.

Masjid Agung Alun alun Kota Kisaran

Tak hanya itu saja, hamparan taman yang sangat luas di Alun-Alun Kota Kisaran tentunya dapat memanjakan mata. Apalagi bagi anda semua yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan pasangan, tempat wisata yang satu ini sangat cocok tentunya. Asalkan aktifitas yang anda lakukan masih wajar dan tidak berlebihan. Karena sejak berdirinya Alun-Alun Kota Kisaran, ada banyak sekali kasus mesum yang ditemukan. Hal ini tentunya sangat mencoreng nama baik Alun-Alun Kota Kisaran. Mengingat lokasi wisata ini merupakan lokasi wisata yang sangat sopan. Jadi sangat tidak elok rasanya jika lokasi wisata ini kita manfaatkan untuk hal-hal yang tidak baik.

Jika anda lapar dan haus tenang saja, karena ada banyak sekali pedagang makanan yang tersebardi Alun –Alun Kota Kisaran. Jadi bagi anda semua yang tidak ingin repot-repot membawa makanan dari rumah, anda bisa kok membelinya di Alun-Alun Kota Kisaran. Harga makanan dan juga minuman yang dijual di lokasi wisata yang satu ini juga tidak terlalu mahal kok dan tentunya sangat terjangkau.

Puncak keramaian Alun-Alun Kota Kisaran biasanya terjadi pada hari-hari libur, misalnya hari minggu. Minggu merupakan waktu yang sangat sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berkunjung ke Alun-Alun Kota Kisaran. Hal ini disebabkan karena setiap hari minggu, Alun-Alun Kota Kisaran menyelenggarakan acara “Car Free Day” atau hari bebas kendaraan. Oleh karenanya banyak orang ingin menghabiskan waktunya seharian di Alun-Alun Kota Kisaran. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini?

Kamera, Salah Satu Benda yang Sangat Wajib Dibawa Saat Travelling

0
Travelling dan kamera
Travelling dan kamera

Bagi sebahagian orang, travelling atau liburan merupakan salah satu aktifitas yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan travelling, seluruh beban dan juga masalah hidup akan terlupakan dengan begitu saja. Apalagi kegiatan travelling dilakukan bersama dengan orang-orang tercinta. Tentu moment indah saat travelling akan terasa lebih bermakna. Namun tahukah anda bahwa ternyata ada salah satu benda yang sangat wajib dibawa saat travelling? Benda tersebut bernama kamera.

Kamera merupakan salah satu benda yang sangat wajib dibawa saat travelling. Apalagi bagi para traveller sejati, benda ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. Bahkan, kamera sudah menjadi teman baik para traveller kemanapun mereka pergi. Karena tanpa adanya kamera, moment liburan akan terasa sangat jauh berbeda. Memang sih ada sebahagian orang yang melakukan kegiatan tarvelling hanya untuk refreshing semata. Namun ketahuilah bahwa kamera akan sangat dibutuhkan jika anda ingin mengabadikan moment-moment indah saat liburan.

Tanpa adanya kamera, moment-moment indah tersebut tidak akan pernah bisa diabadikan. Maka dari itu, anda sangat membutuhkan yang namanya kamera dan sangat wajib untuk dibawa saat travelling. Kamera juga memiliki banyak sekali jenis, baik kamera digital, kamera handphone, kamera DSLR, kamera drone, dan yang lain sebagainya. Di luaran sana, ternyata banyak orang lebih memilih untuk mengabadikan moment-moment indah mereka ketika liburan dengan menggunakan kamera handphone. Selain lebih praktis, kamera handphone juga sering difungsikan sebagai alat untuk mengupload foto ke jejaring sosial.. Maka dari itu tak heran banyak orang lebih memilih untuk menggunakan kamera handphone ketimbang kamera yang lainnya karena terkesan lebih praktis.

Apapun bentuk dan jenisnya, asalkan namanya kamera tetap wajib untuk dibawa saat travelling. Karena bisa saja lokasi wisata yang anda kunjungi saat itu merupakan lokasi wisata yang pertama dan terakhir kalinya untuk anda kunjungi. Mungkin karena faktor jarak tempuh, ketersediaan akomodasi untuk menuju ke lokasi wisata tersebut, dan lain sebagainya yang menyebabkan anda tidak bisa lagi berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Oleh karenanya, moment-moment langkah seperti inilah yang sangat wajib untuk anda abadikan. Jadikan liburan anda jauh lebih bermakna dengan berbagai kenangan yang anda ambil semasa liburan dengan menggunakan kamera.

Para YouTuber dan Blog Traveller terkenal juga sering melakukan hal tersebut. Karena mereka yakin, jika suatu saat nanti mereka tidak bisa lagi untuk pergi ke tempat wisata tersebut, mereka masih memiliki kenangan tersisa yang mereka abadikan semasa liburan dengan menggunakan kamera yang mereka bawa. Tak hanya itu saja, mereka juga sering membagikan moment liburan mereka ke jejaring sosial. Hal ini dilakukan agar banyak orang tahu tentang lokasi wisata yang sedang mereka jelajahi saat itu.

Mereka juga sering mendapatkan banyak sekali penawaran dari berbagai instansi terkait untuk melakukan study wisata ke lokasi wisata yang direkomendasikan oleh instansi yang menawarkan jasanya. Dan tentunya liburan tersebut gratis. Bisa anda bayangkan ada berapa banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika anda sering mengadadikan moment liburan ke jejaring sosial. Selain moment-moment indah anda terabadikan, anda juga memiliki kesempatan yang sangat luar biasa, yaitu liburan gratis . Wah, siapa sih yang tidak ingin liburan gratis? Anda semua pastinya mau kan? Makanya, mulai sekarang ayo abadikan moment liburan anda ke jejaring sosial dengan menggunakan kamera. Semoga Bermanfaat!

Tips Memilih Jasa Travel yang Aman

0
https://agen-travel.id/
https://agen-travel.id/

Travelling atau liburan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi bagi anda para pekerja kantoran yang menjalani hidup sepenuhnya di dalam kantor. Rasa jenuh pasti akan senantiasa menghampiri. Alhasil, lama-kelamaan anda pun akan menjadi depresi. Nah, bagi anda yang tidak ingin terkena depresi ada baiknya untuk liburan. Hal ini dilakukan agar otak mendapatkan penyegaran akibat kelelahan saat bekerja.

Sekali-sekali gunakanlah waktu anda untuk melakukan perjalanan liburan ke tempat-tempat yang anda sukai. Misalnya ke gunung, pantai, laut, kebun binatang, dan yang lain sebagainya. Yang penting anda harus melakukan perjalanan liburan ke tempat-tempat wisata minimal setahun dalam sekali. Jadi, otak yang anda pakai untuk bekerja selama seharian di dalam kantor akan mendapatkan penyegaran kembali.

Tidak harus ke luar negeri, di Indonesia juga banyak kok tempat-tempat wisata yang bisa untuk anda kunjungi. Yang jelas nggak jauh keren sama yang ada di luar negeri. Namun bagi anda yang ingin melakukan perjalanan liburan ke luar negeri ya tidak masalah. Pilihan ada di tangan anda masing-masing. Mau liburan ke luar negeri, mau liburan di Indonesia saja yang penting anda harus melakukan perjalanan liburan minimal sekali dalam setahun.

https://agen-travel.id/
https://agen-travel.id/

Tips Memilih Jasa Travel yang Aman

Berbicara soal liburan, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jasa travel ketimbang menggunakan kendaraan pribadi saat liburan. Hal ini disebabkan karena keamanan akan sangat terjaga jika menggunakan jasa travel ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Nah, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan jasa travel, ada baiknya untuk membaca tulisan ini sampai selesai. Karena pada tulisan ini saya akan membahas tentang Tips Memilih Jasa Travel yang Aman. Penasaran apa saja tipsnya, mari kita simak ulasan selengkapnya!

  1. Pilihlah Jasa Travel yang Memiliki Izin Resmi dari Pemerintahan

Jasa travel yang aman biasanya sudah mengantongi izin yang diberikan oleh pemerintahan. Sebab, menjadi jasa travel tidaklah mudah. Ada banyak sekali perizinan dan juga berbagai macam sertifikat yang wajib untuk di urus. Semua itu dilakukan agar jasa travel tersebut nantinya dapat berjalan sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan dalam surat perizinan tersebut.

Nah, anda harus bisa mencermati mana jasa travel yang memiliki izin resmi dari pemerintahan untuk beroperasi dan mana yang tidak. Hati-hati juga, karena biasanya ada juga jasa travel yang mengantongi surat izin palsu. Jika kamu menemukan kasus seperti ini segera laporkan ke pihak yang berwajib. Jadi, untuk tips yang pertama usahakanlah untuk memilih jasa travel yang sudah mengantongi surat izin resmi dari pemerintahan untuk beroperasi. Karena akan jauh lebih aman dan keselamatan anda juga akan terjaga dengan sempurna.

  1. Lakukan Survei Lokasi ke Tempat Jasa Travel yang Ingin Anda Pakai

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk memilih jasa travel yang aman yaitu dengan melakukan survei lokasi ke tempat jasa travel yang ingin anda pakai. Jika di kantor jasa travel tersebut terlihat ramai oleh orang-orang yang ingin liburan, maka jasa travel tersebut dapat dikatakan aman. Namun jika di kantor jasa travel tersebut hanya terlihat beberapa orang saja dan tidak meyakinkan bahwa lokasi tersebut merupakan jasa travel, segera pergi dan tinggalkan jasa travel tersebut.

Karena bisa jadi jasa travel tersebut ingin melakukan tindak pidana penipuan. Bisa anda bayangkan saja jika di kantor jasa travel tersebut sepi dan hanya mendapatkan beberapa orang saja yang ingin liburan menggunakan jasa travel mereka, pastinya mereka akan bangkrut. Karena untuk sekali keberangkatan memerlukan jumlah orang yang cukup banyak. Jika jumlah orangnya sedikit sangat tidak mungkin rasanya.

  1. Mintalah Masukan ke Orang-orang Terdekat

Selain kedua tips di atas, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk memilih jasa travel yang aman yaitu dengan meminta masukan ke orang-orang terdekat. Mintalah pendapat ke mereka tentang jasa travel yang ingin anda gunakan saat liburan. Jika di antara orang-orang terdekat anda pernah menggunakan jasa travel tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa jasa travel tersebut aman untuk anda pakai saat liburan nantinya. Karena ada orang-orang terdekat anda yang pernah menggunakan jasa travel tersebut.

Intinya anda harus senantiasa meminta masukan dan juga pendapat ke orang-orang terdekat jika ingin menggunakan jasa travel saat liburan. Hal ini dilakukan agar anda terhindar dari tindak pidana penipuan. Rencana mau jalan-jalan eh malah kena tipu. Selalu hati-hati ya saat memilih jasa travel untuk liburan.

  1. Lihat Harga yang Ditawarkan oleh Jasa Travel yang Ingin Anda Gunakan

Jangan pernah tergiur dengan harga yang relatife lebih murah dari harga pasaran. Cek dulu kebenaran harga tersebut. Jasa travel yang aman biasanya hanya memberikan harga murah kepada orang-orang yang sering menggunakan jasa travel miliknya. So, anda harus hati-hati jika baru pertama kali menggunakan jaa travel tersebut dan diberikan harga murah. Bisa jadi anda akan terkena tindak pidana penipuan. Apalagi jasa travel yang anda gunakan masih baru dan belum ada keberangkatan yang dilakukan. Anda harus curiga dan ekstra hati-hati. Harga mahal nggak masalah asalkan aman dan keselamatan anda dapat terjaga dengan baik.

  1. Cek Testimoni Jasa Travel yang Ingin Anda Gunakan

Setiap perusahaan jasa pasti selalu memiliki testimoni. Baik perusahaan jasa apaapun pasti selalu memiliki testimoni. Testimoni merupakan feedback yang diberikan oleh para konsumen kepada perusahaan jasa. Nah dari testimoni tersebut anda bisa menilai bagaimana kepuasan yang didapatkan oleh para konsumen terhadap perusahaan jasa yang digunakan. Terutama perusahaan jasa travel. Cermati dengan cermat setiap testimoni yang ada pada perusahaan jasa travel tersebut. Bila perlu anda bisa menghubungi contact orang-orang yang ada pada testimoni tersebut. Anda bisa menanyakan berbagai hal penting tentangjasa travel yang ingin anda gunakan.

Tidak usah malu bertanya, toh ini demi keselamatan anda juga kok. Jika mereka menyatakan bahwa jasa travel tersebut sangat recommended dan layak untuk digunakan. Maka sudah dapat dipastikan bahwa jasa travel tersebut aman untuk anda pakai. Intinya anda harus bisa semaksimal mungkin untuk mengecek testimoni yang ada pada perusahaan jasa tersebut dan meminta informasi kepada orang-orang  yang ada di dalam testimoni tersebut. Dengan begitu anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa travel tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memilih jasa travel yang aman. Hati-hatilah dalam memilih jasa travel. Karena di luaran sana ada banyak sekali jasa travel yang terbukti tidak aman dan sudah pernah melakukan tindak pidana penipuan. Anda harus cermat dan bisa membedakan mana jasa travel yang aman dan mana yang tidak. Pakailah jasa travel yang  terbukti aman agar perjalanan liburan anda menjadi lebih bermakna. Semoga Bermanfaat!

Gunung Sumbing Legenda di Tanah Dewa

0
Gunung Sumbing Jawa Tengah
Gunung Sumbing Jawa Tengah

Gunung Sumbing: Satu Dari Sekian Wisata Jawa Tengah Seru

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa.Gunung ini terletak di Propinsi Jawa Tengah dan merupakan gunung tertinggi kedua di Propinsi ini.Gunung yang memiliki tinggi 3.371 mdpl ini berderetan dengan Gunung Sindoro yang sering juga disebut sebagai kembaran Gunung Sumbing.

Pesona puncak gunung
Pesona puncak gunung

Keseruan pendakian Gunung Sumbing

Meskipun predikatnya hanya sebagai gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa, tapi jangan meremehkan jalurnya.Mendaki gunung ini memerlukan mental dan fisik yang prima. Jalur ekstrim akan menguras tenaga anda.

  1. Sejarah

Alam memiliki sejarah nya masing – masing.Termasuk asal muasal Gunung Sumbing wisata Jawa Tengah ini.Dikisahkan sejarah gunung Sumbing ini berawal ketika sebuah keluarga di pedesaan memiliki 2 orang putra yang selalu bertengkar. Hingga suatu ketika sang ayah kehilangan kesabaran dan memukul salah satu putranya dengan suatu alat yang secara tidak sengaja mengenai mulut putranya hingga bibirnya terluka layaknya bibir orang sumbing.

  1. Mitos dan mistis

Layaknya gunung – gunung di pulau Jawa lainnya.Gunung Sumbing memiliki cerita – cerita mitos dan mistis.Ada yang berpendapat terdapat peri – peri yang bersemayam di gunung ini.Sering menampakkan diri berupa sekumpulan cahaya – cahaya terang.

Adanya sekumpulan orang yang sedang berpakaian adat jawa sedang bercakap – cakap.Terdapat kuntilanak yang menjelma menjadi manusia sedang meminta tolong, seorang bapak – bapak tua yang sedang menghisap rokok beraroma kemenyan, dan masih banyak lagi.

  1. Jalur pendakian Gunung Sumbing

Jalur pendakian gunung ini cukup menanjak.Hingga terkenal sebagai gunung yang bisa mempertemukan lutut anda dengan dagu anda.Terasa ekstrim sekali pernyataan ini ya.Tetapi memang begitulah faktanya.Jalur pendakian gunung ini sangat menantang.Sangat menguras tenaga dan mental anda.Maka anda harus mempersiapkan fisik sebaik mungkin, maka dengan begitu mental anda pun akan siap menghadapi track seperti apapun.

Terlepas dari cerita tentang mitos dan mistis Gunung ini, anda perlu mencoba mendaki Gunung Sumbing wisata jawa Tengah ini.

Misteri Gunung Lawu, Antara Fakta dan Misteri

0
Misteri Gunung Lawu, Antara Fakta dan Misteri
Misteri Gunung Lawu, Antara Fakta dan Misteri

Wisata Jawa Tengah Gunung Lawu terletak di perbatasan Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 3.265 meter diatas laut ini adalah Gunung tertinggi ke 6 di Pulau Jawa. Gunung ini tidak luput dari legenda kerajaan Majapahit dan memiliki kesan angker.

Jika berkunjung ke Solo cobalah untuk meluangkan waktu ke pinggiran Kota Karanganyar, dikaki Gunung Lawu sebelah barat, disini kita bisa menikmati keindahan gunung lawu sekaligus juga berwisata sejarah peninggalan kerajaan Majapahit.

Selain jalur pendakian cemoro sewu dan cemoro kandangyang umum dijadikan pintu pendakian, disisi lereng sebelah barat gunung lawu, terdapat satu pintu jalur pendakian lainnya dan bagi sebagian orang pendakian melaui jalur candi cetho ini merupakan jalur pendakian spiritual, karena umumnya bagi pengunjung yang ingin melakukan pertapaan akan melalui jalur ini.

Savana atau Bubulak Peperangan
Savana atau Bubulak Peperangan

Baca juga : Misteri Gunung Merapi

Jika kita melewati jalur pendakian ini (candi cetho) maka kita akan melewati berbagai lokasi yang disakralkan, yaitu Candi Cetho dan Candi Kethek. Bagi sebagian masyarakat percaya dan yakin, bahwa kedua bangunan ini merupakan gerbang utama untuk ke kerajaan alam ghaib.

Fakta dan misteri apa saja sih tentang wisata Jawa Tengah Gunung Lawu

Keyakinan masyarakat akan keberadaan kerajaan alam ghaib, tentunya tidak terlepas dari sejarah tentang kerajaan Majapahit, berikut ini fakta dan misteri yangg menyelimuti gunung lawu

  1. Prabu Brawijaya V

Prabu Brawijaya V adalah Raja terakhir Kerajaan Majapahit. Sebelum meredupnya Kerajaan Majapahit, Prabu Brawijaya pergi menyendiri dan menghilang di atas puncak Hargo Dalem, ditemani oleh 2 orang abdi dalemnya yaitu Dipa Menggala dan Wangsa Menggala. Sebab Prabu Brawijaya V memutuskan untuk menghilang adalah karena beliau mendapatkan petunjuk bahwa Kerajaan majapahit akan meredup dan cahaya akan berpindah ke Kerajaan Demak, yaitu Kerajaan putranya yang bernama Raden Fatah.

Kompleks Candi Cetho
Kompleks Candi Cetho

  1. Jalak Gading

Banyak pendaki yang sudah pernah mendaki Gunung Lawu bercerita bahwa mereka menemui burung jalak gading di area jalur pendakian menuju puncak. Oleh warga sekitar wisata Jawa Tengah Gunung Lawu, burung tersebut dipercaya adalah jelmaan dari Kyai Jalak yaitu Wangsa Menggala.

  1. Macan

Dipercaya bahwa seekor macan yang sering muncul di Gunung Lawu ini adalah makhluk gaib. Melihat kemunculan macan ini dipercaya sebagai pertanda buruk. Tetapi juga ada yang berpendapat bahwa melihat kemunculan macan ini adalah sebagai pertanda baik, biasanya persepsi ini dipercaya oleh orang – orang yang sedang ngilmu di Gunung ini. Saat ritual satu suro, biasanya banyak peziarah yang datang dengan alasan pesugihan ataupun jodoh. Kemunculan macan ini dipercaya sebagai pertanda baik.

  1. Warna Hijau

Jika di Pantai Selatan anda dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau, hal tersebut berlaku juga jika anda mendaki gunung ini. Hal tersebut dikarenakan warna hijau adalah warna pakaian Nyi Roro Kidul. Jika anda mengenakannya, sama saja anda mengundang makhluk – makhluk halus untuk menemani anda.

  1. Rombongan berjumlah ganjil

Jika anda mendaki, sebaiknya jangan membawa rombongan dengan jumlah ganjil. Hal ini dikarenakan akan ada makhluk gaib di Gunung Lawu wisata Jawa Tengah yang menyusup ke dalam rombongan anda.

Jalur pendakian melaui Candi cetho  ini bisa dibilang masih sangat asri, bersih dan alami dibandingkan dengan jalur pendakian lainnya. Dengan track tanah gembur dan vegertasi yang masih rapat, kita akan mendapatkan nuansa pendakian yang sangat berbeda.

 

5 Fakta Mistis Gunung Merapi Jawa Tengah

0
Panorama Gunung Merapi
Panorama Gunung Merapi

Misteri Gunung Merapi Jawa Tengah

Anda pasti sudah pernah dengar nama Gunung Merapi yang juga merupakan salah satu tujuan wisata Jawa Tengah, meskipun anda bukanlah seorang pendaki.Gunung berapi aktif ini sangat terkenal selain karena erupsinya, tetapi juga karena dinilai sangat sakral.Di dengar dari namanya saja Gunung Merapi ini sudah terasa sangat agung.

Panorama Gunung Merapi
Panorama Gunung Merapi

Apa saja fakta dan misteri Gunung Merapi wisata Jawa Tengah ini?

  1. Ritual Labuhan

Ritual ini dilakukan secara rutin oleh penduduk sekitar wisata Jawa Tengah Gunung Merapi pada setiap tanggal 30 Rajab, dengan tujuan menghormati jasa Kerajaan Merapi yang pernah membantu Kerajaan Majapahit pada saat perang melawan Kerajaan Pajang. Dan tanggal 30 Rajab ini juga adalah hari lahir Sri Sultan Hamengkubuwono X.

  1. Pasar bubrah

Pasar ini merupakan sebuah dataran pasir di bawah puncak yang yang berisi batu – batu dengan berantakan.Dipercaya sebagai pasar bagi makhluk ghaib.Batu – batu tersebut merupakan meja yang digunakan untuk menjajakan segala dagangan mereka.Kita harus berhati – hati dan bersikap sopan jika melintasi wilayah ini. Karena banyak cerita dari para pendaki yang sudah pernah kesini, mendengar suara ramai seperti aktifitas di pasar, mendengar suara gamelan, dan lain – lain.

  1. Bunker kaliadem

Bunker ini terletak di bekas desa yang hancur karena terkena lahar letusan merapi. Konon tujuan dibuatnya bunker ini adalah untuk perlindungan masyarakat jika sewaktu – waktu Merapi meletus.Seorang wisatawan menceritakan pengalamannya berwisata lava tour ke desa ini.Ia menyusuri jalan menuju Bunker, namun ketika ia hendak meninggalkan bunker ini, ia mendengar suara tangisan seorang perempuan.

  1. Awan berbentuk Petruk

Petruk adalah salah satu tokoh pewayangan. Konon dipercaya jika awan terlihat seperti bentuk wajah Petruk, maka akan terjadi letusan Gunung. Terjadi pada tahun 2010, suatu ketika awan diatas Gunung Merapi berbentuk menyerupai wajah Petruk, tidak lama kemudian letusan pun terjadi.

  1. Kerajaan Merapi

Gunung ini dipercaya memiliki sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Merapi.Kerajaan ini pun memiliki 9 tokoh sakti yang dipercaya sangat berjasa pada masa nya.

Masih banyak lagi cerita – cerita mistis lain tentang Gunung ini.Pada dasarnya, kita semua harus saling menghargai seisi bumi ini.Karena baik alam dan makhluk hidup lainnya saling membutuhkan. Dan wisata Jawa Tengah Gunung Merapi ini tetap ramai dikunjungi wisatawan meskipun memiliki banyak cerita mistis.

Perjalanan Tanpa Akhir di Koto Nan Gadang

6
Perjalanan Tanpa Akhir di Koto Nan Gadang #1

Seorang pernah berkata, perjalanan yang baik itu adalah perjalanan yang tidak hanya sekedar berjalan, tidak hanya sekedar menikmati perjalanan, tidak hanya ingin mengikuti perjalanan atau hanya karena ingin sampai ke tujuan. Namun, perjalanan yang dapat membuat kita terus belajar. Belajar pada alam, pada adat istiadat dan belajar pada sejarah masa lalu yang mana perjalanan inilah yang membuat kita bisa  lebih dekat padaNya. Ini adalah kisah perjalanan di koto nan gadang, kota yang penuh akan cerita hikayat dan legenda yang hingga kini masih terasa nyata dan dirasakan masyarakat sekitarnya.

Salamaik Datang di Ranah Minang Koto nan Gadang

Kota Padang pagi hari
Kota Padang pagi hari

Langit terlihat merah ketika senja mulai datang, matahari sore masih terlihat terang menyisakan sinarannya menerangi lembah dan lereng lereng perbukitan, warna merahnya terlihat buram disepanjang sungai, sekelompok pemuda tampak sedang bermain sepak raga di sebuah tanah lapang pada sebuah kampung yang terletak di sebuah lembah tidak jauh dari bukit tinggi. Seorang pemuda tampaklah dengan sigap dan lincah mempermainkan bola yang terbuat dari rotan di kakinya, satu dua tiga bola itu terus dia mainkan sebelum akhirnya disepak ke lawannya yang terlihat sudah siap menanti, namun untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, lawannya tak siap menerima sepakan dari pemuda tersebut, ketika hendak menyapu bola rotan tersebut kakinya tergelincir dan “bummm” terjerembab seperti buah kelapa jatuh dari pohonnya.Lembah Harau Padang

Roman Sengsara membawa nikmat, yang diangkat ke layar kaca oleh sebuah stasiun televisi karya Sutan Sati inilah yang membuat saya mulai jatuh cinta pada roman roma yang bernuansa minagkabau, ada Siti Nurbaya dan Tenggelamnya kapal van derwick yang merupakan roman cinta kasih tak sampai, hingga legenda kedurhakaan seorang anak manusia si Malin Kundang, dan masih banyak karya karya yang penuh dengan hikayat hidup dan pesan moral serta gambaran indahnya ranah minang membuat hati siapapun ingin menapakan kaki dan menjelajah segala isinya.

Pulau Pasumpahan

Narsis Pulau Pasumpaha

Menjelajah Sumatera barat berarti menjelajahi keindahan dan kekayaan alam, adat istiadat, sejarah dan kulinernya yang menggoda selera. Alamnya yang asri dan sejuk menjadikanya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisata alam di Bumi Minang ini sangatlah beragam dari pantai, ngarai hingga gunung berapi. Beberapa destinasi pantai yang saat ini ngetrend di kalangan para pecinta jalan jalan diantaranya, Pantai Pasumpahan, Pantai pamutusan, Pantai Suwarnadwipa dan masih banyak lainnya, (sabar yah nanti akan dituis disini kok). Selain pantai, ada juga ngarai Sihanok, lembah harau dan lainnya, untuk gunung, para pendaki saat ini favorite adalah gunung talang, meski buat saya Marapi lebih menggoda.

Sebagai petouring, menyusuri jalanan yang berkelok menyusuri lembah dan lereng perbukitan akan memacu adrenalin para petarung jalanan, seperti yang dilakukan para road warriors saat melakukan ‘The Lost Adventure’ mengunjungi Sumatera Barat, terutama mengunjungi Padang dan Bukittinggi sama halnya membaca sebuah roman karya penulis kebanggan bangsa.

Perjalanan darat lintas pesisir barat

Banyak jalan menuju Roma, sama halnya banyak jalan menuju koto nan gadang. Kota Padang yang terletak di  Pulau Sumatera bagian barat yang menghadap Samudera Hindia ini dalam sejarahnya sangatlah strategis sehingga mudah dicapai dari mana saja, baik akses darat, laut dan tentunya udara.

Panorama perjalanan lintas barat
Panorama perjalanan lintas barat

Bagi saya yang sangat gemar melakukan touring, lintas darat  menjadi favorite perjalanan seperti saat saya menjelajah lombok dan kota lainnya.  Perjalanan dari Jakarta untuk ke kota Padang dari jalur darat, kita sebelumnya harus menuju kota Merak untuk selanjutnya menggunakan Kapan Fery menyeberang ke Bakauheni Lampung, disini sangat dianjurkan kita memulai perjalanan dari Jakarta malam hari untuk menghindari kemacetan Ibukota dan ketika sampai di Kota lampung hari sudah terang. Kita semua sangatlah paham bagaimana karakter Lampung yang identik dengan kekerasan, meskipun itu dilakukan oknum masyarakat tapi berjaga jaga saat dalam perjalanan itu lebih baik. Dari Bakauheni perjalanan lintas barat menuju Kota Krui disini kita bisa menikmati keindahan pantai Lovina, jika beruntung disini akan terlihat lumba lumba berenang dilaut, kalau berenang di darat itu buaya darat :).

Penginapan Patai Lovina

Jalan lintas barat Lampung Krui ini sangatlah elok, akses jalan yang sudah bagus dan mulus penuh dengan kelokan, terkadang disini kita tergoda memacu kendaraan lebih cepat, namun perlu waspada karena disini jalanan penuh dengan kelokan, apalagi disini kita akan melintasi lereng Taman Nasional Bukit Barisan selatan. Hamparan perkebunan kelapa sawit bisa kita nikmati selama perjalanan, tentunya akan menjadi pemandangan tersendiri dan terkadang disini akan melintas binatang binatang yang tentunya sangat berbahaya jika kita tidak waspada. Saat di Krui kita tidak perlu khawatir jika memang kemalaman, karena di sini, sepanjang pantai lovina banyak penginapan dan bagi penggemar surfing, ombak lovina sangatlah menggoda.

Dari Krui perjalanan selanjutnya kita akan melintasi kota Bengkulu, sepanjang lintasan menuju kota ini kita masih disuguhi panorama pantai yang sangat indah, namun karena merupakan daerah perbukitan resiko tanah longsor disini sangat besar. Seperti saat saya melakukan perjalanan ini, di tengah perjalanan kita harus meenghadapi medan lumpur yang tebal bekas tanah longsor yang menutup akses satu satunya.

Sejak jaman penjajahan Belanda, kota Bengkulu ini merupakan kota untuk membuang para tahanan politik yang menentang penjajah, setelah dibuang dipulau ende,  Flores. Jangan dibayangkan kondisi kota Bengkulu dulu dan sekarang, tentunya sangat jauh berbeda, karena dulunya kota ini merupakan kota terpencil dan jauh dari keramaian. Di kota Bengkulu ini, kita bisa manapak tilasi perjalanan Bung Karno yang pernah dibuang dikota ini,  dan dikota inilah Bapak proklamator kita berkenalan dengan Ibu fatmawati.

Konon pada satu ketika, di rumah pembuangannya di Bengkulu ini, Bung Karno kedatangan  keluarga Hassan Din, tokoh Muhammadiyah asal Curup, Rejang Lebong. Gadis belia putri Hassan Din, yakni Fatmawati dibawa pada saat itu. Fatmawati kemudian menjadi sahabat Ratna Djuami, mereka sama-sama bersekolah di sekolah katholik di Bengkulu, RK Vakschool Maria Purrisima. Singkat cerita, Bung Karno menaruh hati pada Fatmawati dan akhirnya menikahinya.

Perjalanan selanjutnya kita akan melewati sebuah kota Kabupaten yang merupakan pemekaran dari Benglu utara yaitu Kabupaten Muko muko, kota ini terlihat kecil namun mempunyai lapangan udara sendiri, hanya saja pesawat yang kesini masih merupakan pesawat perintis yang memuat beberapa penumpang, umumnya digunakan oleh perusahaan pertambangan minyak yang mengexplorasi di daerah ini.

Panorama Teluk Bungus
Panorama Teluk Bungus

Kota Bengkulu bisa jadi merupakan pintu masuk ke kota Padang melalui pesisir barat, karena dari sini kita sudah mendekati koto nan gadang dengan melalui kota Painan. Menuju kota Padang pemandangan pesisir barat padang sangat mempesona, dari sini kita bisa menikmati keindahan pantai carocok, teluk bungus, hingga pelabuhan teluk bayur. Panorama keindahan dan keramiaan pelabuhan teluk Bungus juga bisa kita nikmati dari ketinggian bukit jengkol, heh entah kenapa dinamakan bukit jengkol, karena saat disini saya tidak melihat pohon jengkol.
dan akhirnya sampailah kita dikota Padang, yang saat terjadi gempa tahun 2010an hancur lalah lantak terkena goncangan dahsyat, namun saat ini kota Padang sudah bangkit dan membangun negeri.

Perjalanan lintas udara

Saat ini Sumatera Barat tepatnya kota Padang sudah mempunyai bandar udara sebagai pintu gerbang melalui udara, Bandara Internasional Minangkabau, konon merupakan yang pertama didunia yang menggunakana nama etnik sebagai nama identitas bandara, dan letaknya tidak jauh dari ibukota propinsi Kota Padang. Yang lazimnya di bumi minang ini, bentuk bangunan di bandara ini juga menggunakan atap bangunan seperti rumah gadang yang ada di ranah minang, ini tentunya menambah keelokan tersendiri.

Lembah Anai

Sesaat seetelah tiba di bandara, jika kita tidak punya sanak keluarga disini tidak perlu khawatir untuk pergi ke kota padang, karena angkutan damri disini sudah tersedia, untuk ongkos sepertinya hampir sama jika kita menggunakan damri dikota Jakarta. Namun jika kita hendak langsung ke Bukittinggi bisa langsung menggunakan travel mobil yang berkapasitas 6 orang seperti Avanza (bukan iklan). Rental mobil ini bisa kita jumpai begitu keluar dari bandara akan terlihat counter ‘sewa avanza’ untuk harga tidak usah khawatir karena menggunakan tarif resmi. Dari Bandara ke Bukittinggi harga sewa yang dipatok sebesar Rp 295.000,- itu sudah termasuk supir dan bensin, kita tinggal duduk manis menikmati pemandangan alam.

Salamaik datang di koto ombak nan badabuo

Inilah 5 Pantai Di Gunungkidul Jogja Yang Paling Populer

2

Jika berbicara mengenai Jogja tentunya tidak akan pernah lepas dengan wisata budaya, sebab Jogja mempunyai banyak sekali bangunan tua bersejarah yang sangat eksotis. Akan tetapi, siapa sangka jika kota yang jadi salah satu tujuan wisata favorit para turis ini juga mempunyai banyak sekali pantai yang sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja, khususnya buat Anda yang sudah menyiapkan hari khusus untuk liburan ke Jogja bersama kekasih, keluarga, maupun sahabat tercinta. Nah, berikut ini ada beberapa pantai Gunung kidul Jogja yang bisa dijadikan rekomendasi saat wisata di Jogja.

Objek wisata pantai baron

Pantai ini ada di kabupaten Gunungkidul, untuk dapat memasuki ke pantai ini nantinya Anda harus membayar sekitar Rp 5.000,00. Panorama yang masih sangat alami adalah salah satu keunggulan dari pantai baron yang ada di Jogja ini. Para pengunjung yang datang biasanya akan menghabiskan waktunya dengan bermain dan juga berbasah-basah di laut. Anda tidak usah khawatir akan terseret ombak, sebab pihak pengelola sudah memberi pembatas untuk menandai wilayah mana saja yang aman Anda kunjungi.

Objek wisata pantai drini

Pantai drini ini ada di desa Banjarejo kecamatan Tanjungsari, yang paling istimewa dari pantai ini adalah adanya sebuah pulau kecil yang ada di tengah-tengah pantai. Keberadaan pulau kecil inilah seolah-olah menjadikan pantai drini jadi dua bagian. Yang mana untuk bagian timur pantaina terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh yang dipadukan dengan ombak lautnya yang sangat tenang, sedangkan di sisi baratnya, Anda dapat menyaksikan jajaran perahu bercaduk yang pulang dari berlayar mencari ikan. Ombak di sisi barat ini tampak sangat ganas.

Objek wisata pantai sadranan

Objek wisata pantai sadranan ini lebih dikenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang paling di minati di pulau Jawa. Yang mana di patai ini terdapat lokasi penyewaan yang dikenal dengan nama Sadranan Snorkeling, buat Anda yang ingin menyewa perlatan snorkeling.

pantai sadranan
pantai sadranan

Objek wisata pantai ngobaran

Pantai ngobaran ini adalah objek wisata pantai yang mempunyai kisah mistis yang cukup kental. Kisah mistis di tempat ini menceritakan mengenai Pravu Brawijaya V. Yang mana pantai ini secara rutin dipakai sebagai loasi upacaya adat masyarakat sekitar. Beberapa spot menarik yang bisa Anda nikmati di pantai ini adalah bukit karang, patung Dewa, dan juga candi pemujaan.

Objek wisata pantai siung

Objek wisata pantai siung ini adalah salah satu pantai yang memilii medan untuk wisata panjat tebing. Yang mana di pantai ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan batu karang raksasa yang berdiri kokoh d sisi timur dan di sisi barat pantai. Hingga sekarang ini pantai siung mempunyai sekitar 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang pastinya akan berbeda-beda.

Itulah 5 pantai di Guningkidul Jogja paling populer yang bisa kami informasikan, semoga bermanfaat dan menginspirasi wisata Anda, ya!

Program Redistribusi Lahan dan Reforma Agraria Jokowi Ciptakan Masyarakat Sejahtera

0

Salah satu kebijakan Presiden Joko Widodo yang banyak mendapat sambutan baik oleh berbagai pihak adalah program pembagian lahan hutan seluas 977.000 hektar kepada masyarakat. Program redistribusi lahan yang diberi tajuk reforma agraria ini memungkinkan masyarakat untuk mengelola kawasan hutan dengan akses yang besar dari pemerintah dengan sertifikasi lahan. Kebijakan Presiden Joko Widodo ini langsung disambut gegap gtempita oleh segenap masyarakat Indonesia, alasannya tentu sederhana dengan pemberian izin pengelolaan hutan tentu masyarakat bisa meningkatkan taraf hidupnya kearah yang lebih baik. Presiden Joko Widodo menyebutkan pemerintah sudah memberikan akses kepada masyarakat untuk mengelola kawasan hutan sebagai perhutanan sosial.

Pemanfaatan Hutan Sosial
Pemanfaatan Hutan Sosial

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa, proses pengelolaan lahan kawasan hutan itu juga disertai dengan pendampingan kepada masyarakat agar peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat bisa tercapai. Sampai saat ini, terhitung Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan sebanyak 37 Surat Keputusan (SK) perhutanan sosial yang mencakup 8.617 hektare (ha) lahan hutan yang telah diberikan pemerintah kepada 5.459 kepala keluarga. SK yang dikeluarkan itu meliputi izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (PHPS)  sebanyak 14 unit seluas 2.943 ha untuk 2.252 KK serta SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) sejumlah 23 unit dengan luas 5.674 ha untuk 3.207 KK. Dengan kebijakan ini Presiden Jokowi berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahan hutan untuk kegiatan produktif yang akan meninjang kesejahteraannya. Selain itu Presiden Jokowi juga berpesan kepada masyarakat agar menanam tanaman yang menguntungkan dan memiliki harga jual yang tinggi.

Kebijakan Redistribusi Lahan dan Reforma Agraria ala Jokowi ini tentu saja bisa mengurangi ketimpangan pemilikan tanah di Indonesia yang 70 persennya dikuasai oleh segelintir orang saja. Sehingga masyarakat dari golongan tidak mampu bisa menikmati lahan yang selama ini dikuasai oleh segelintir orang tersebut. Selain masalah ketimpangan kepemilikan, kebijakan Jokowi ini juga mampu menyelesaikan berbagai macam kasus sengketa lahan yang sebelumnya selalu menjadi highligt di media-media. Salah satu alasan Jokowi ngotot merancang kebijakan ini tentu saja karena program PRONA (Proyek Operasi Nasional Agraria) yang sudah berjalan lebih dari 30 tahun ternyata tidak bisa memberi dampak konkret terhadap penyelesaian masalah agraria di Indonesia.

Program pembagian sertifikat lahan yang mulai dilakuakan pada tahun 2017 ini juga sudah berhasil mengumpulkan 9 juta hektare lahan yang didapat dari pencabutan hak pengelolaan lahan yang semula diberikan kepada pengusaha besar namun tidak produktif. Kaemudian lahan yang terkumpul tersebut selanjutny akan diberikan kepada lembaga masyarakat, koperasi, petani dan pesantren. Tujuan dari program ini selain menjadikan lahan lebih produktif juga bisa menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Program pembagian lahan hutan ini juga tetap tidak mengabaikan masalah kelestarian hutan yang banyak ditakuti oleh pengamat kebijakan dan aktivis. Pemanfaatan perhutanan nasional ini tidak akan mengubah status hutan, dan dilakukan dalam dua skema. Pertama, melakukan pengakuan hutan negara dialokasikan menjadi hutan adat dan kedua, perizinan mitra, dimana masyarakat bisa menikmati, memanfaatkan, dan mengelola hutan negara namun tetap sesuai fungsi dan status hutan tersebut. Misal, jika hutan tersebut memiliki fungsi lindung,maka masyarakat hanya boleh memanfaatkan hasil non kayu seperti rotan daun,dan air saja.

Program pembagian lahan ini merupakan visi Presiden Joko Widodo yang telah berhasil meningkatkan kepemilikan tanah bagi petani menjadi rata-rata 2 ha dan meningkatkan swasembada pangan. Tanah yang dibagikan kepada petani mampu meningkatkan produksi pangan nasional dan menyejahterakan masyarakat dan petani khususnya. Karena itu pembagian lahan merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan negara dan rakyat.

 

 

16,140FansSuka
2,113PengikutMengikuti
12,988PelangganBerlangganan
- Advertisement -Menuju Indonesia Bebas Stunting

Recent Posts