Lebih suka liburan rame-rame atau sendirian? Pergi ke suatu tepat yang belum pernah didatangi memang mengasikan dan pastinya seru, namun terkadang belum tentu teman-teman kita sepemikiran untuk bisa nengeksplor suatu tempat. Nah pada saat terpaksa kita harus melakukan perjalanan sendiri atau memang anda yang lebih memilih solo traveling, atau ingin mencoba asyiknya traveling sendirian, sebaiknya simak tips penting untuk para solo travelers berikut ini:

  1. Update lokasi

Kebiasaan kita yang suka show di media sosial, pamer sedang disuaru tempat itu adalah suatu “keharusan” makanya sering kita  update di status atau melakukan chek-in sedang disuatu tempat, tidak ada masalah sebetulnya dengan hal itu. Namun saat kita melakukan perjalanan sendiri,  untuk sementara, lupakan ‘keharusan’ update status di akun media sosial anda (agar tidak dikuntit orang asing). Sebaiknya anda hanya memberi kabar atau update dimana anda berada ke satu atau dua orang terdekat, sahabat, orang tua, atau anggota keluarga, melalui pesan singkat.

  1. Sapa dan perhatikan sekitar

Solo traveling hanya untuk menghabiskan koleksi buku bacaan, menikmati musik dengan earphone dan ber-gadget? Big no!

Jika anda berwisata ke tempat-tempat (kota atau negara) yang belum pernah anda datangi sebelumnya, manfaatkan waktu liburan sendiri ini untuk mengenal lebih banyak hal tentang daerah tersebut. Seperti bertemu dengan orang lokal, mencoba makanan khas, atau pergi ke tempat menarik yang belum populer di televisi dan internet.

Kalau perlu menanyakan sesuatu pada seseorang, sebaiknya tanyalah petugas keamanan (security guard) terdekat, polisi, staf tempat wisata, staf kafe atau penginapan tempat anda tinggal, atau carilah pusat informasi wisata di daerah itu.

 

  1. Pilih guesthouse atau hostel

Lebih baik pilih penginapan dimana anda bisa bertemu dengan bannyak orang, atau solo travelers lainnya, seperti guesthouse, homestay atau hostel. Dengan begitu anda akan mengenal lebih banyak orang yang mungkin bisa menjadi teman diskusi mengenai spot-spot menarik di destinasi liburan anda sekaligus memberi tips-tips selama liburan.

  1. Yakin dan percaya diri

Nah, ini yang penting: berjalan dan tampillah dengan yakin dan percaya diri selama anda berwisata sendirian. Anda tahu kemana akan pergi dan akan melakukan apa. Raut wajah panik, linglung, bingung dan ragu rawan memancing niat buruk orang lain karena sudah bisa dipastikan anda adalah orang asing yang tidak tahu seluk-beluk daerah tersebut. Kalau anda merasa tidak nyaman ketika berada di dekat seseorang yang sedikit mencurigakan, segera beranjak dan pergi ke keramaian.

  1. Cek destinasi dan peta di tempat tertutup

Jika anda perlu melihat peta, arah jalan, jadwal tempat wisata atau jadwal kendaraan umum, lakukan hal ini di dalam kamar penginapan sebelum berangkat jalan-jalan, atau di tempat tertutup seperti toilet umum. Jadi, jangan perlihatkan jika anda seorang solo travelers yang masih meraba-raba lokasi tempat anda berlibur.

Yang terakhir, selalu waspada kemanapun anda pergi, seperti tidak menyimpan dompet atau barang-barang penting di saku celana belakang, serta membuat salinan dokumen penting (KTP atau passport) yang juga tersimpan di dalam email. Happy Solo Travelling!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here