7 Tempat Wisata Ini Menyajikan Kuliner Jogya Yang Unik

1
166
Warung Kopi Klothok Pakem Jogya
Warung Kopi Klothok Pakem Jogya

Wisata Jogya, bukan hanya menikmati keindahan alam, atau keragaman budaya serta keramah tamahannya, namun di Jogja juga punya deretan kuliner unik dan enak. Tidak hanya kuliner Bandung loh! Perpaduan rasa manis, asam, pedas dan asin adalah rasa khas kuliner Jogja. Simak yuk!

  1. Keraton

Gudeg sudah menjadi andalan  kuliner khas Jogya, yang selalu akan dicoba oleh setiap wisatawan. Salah satu lokasi yang menjadi favorite adalah yang berada di sekitar alun-alun utara. Berada sekitar 10 menit dari kompleks Keraton, ada Gudeg Wijilen, disini ada sekitar 15 warung gudeg berderet. Rata – rata buka dari jam 5.30 dan tutup pada jam 8 malam dan berdekatan dengan alun-alun sangat cocok untuk sarapan pagi setelah berolahraga.

Baca juga : Wisata Populer Yogyakarta

Kawasan Wisata Kuliner Gudeg Wijilan
Kawasan Wisata Kuliner Gudeg Wijilan
  1. Alun – alun Selatan

Selain Gudeg yang menjadi ciri khas kuliner Jogya, makanan lain yang cukup menjadi favorite juga ada di kompleks Alun – Alun Selatan Yogyakarta adalah Brongkos Koyor Alkid.  Salah satu yang ramai dikunjungi adalah warung Brongkos Handayani yang populer dengan nama Brongkos Alun-Alun Kidul atau Alkid.

Ada beberapa macam brongkos yang tersedia disini, dari bronkos telur, brongkos ayam, brongkos empa atau daging sapi dan brongkos tetelan atau daging sapi sisa yang menempel ditulang.

  1. Gunung Kidul

Salah satu Kota yang makin ramai dikunjungi di Daerah Yogyakarta adalah Kabupaten Gunung Kidul, dengan pariwisatanya yang semakin menggeliat dengan wisata alamnya. Bukan hanya wisata alam yang indah di Kabupaten Gunung Kidul, popular juga dengan kuliner ekstrem khas yaitu belalang goreng. Masyarakat disini telah lama menjadikan belalang sebagai lauk makan. Banyak dijual di toko – toko maupun di pinggir – pinggir jalan. Berani mencoba?

  1. Kaki Gunung Merapi

Menjadi hal yang menyenangkan jika kita bisa menikmati secangkir kopi dengan panorama yang hijau menyejukan dan hamparan indah sawah yang masih alami tanpa kebisingan kendaraan bermotor. Salah satu lokasi yang cocok untuk bersantai adalah di daerah Pakem, tepatnya sebelum Kaliurang atau di Jalan Kaliurang antara Km 15 dan Km 20. Disini ada warung kopi klotok pakem di tempat wisata di Jogja ini. Tidak hanya kopi, warung ini juga menyediakan makanan berat. Di sebut sego (nasi) jangan (sayur). Di hidangkan secara prasmanan. Anda ingin tambah nasi berapa kali pun harganya tetap Rp 11.000,-. Tapi jika ingin menambah lauk pauk, harga menyesuaikan dong ya.

  1. Tugu Jogja

Ketika seorang penyair kenamaan menyebutkan Jogya adalah Pulang, Rindu dan Angkringan memang tepat, karena hampir disetiap pojok Jogya banyak warung angkringa sebagai ciri khas. Tidak lengkap rasanya trip ke Jogya tanpa nongkrong di angkringan, salah satu yang paling ramai adalah disisi sebelah utara stasiun Tugu Yogyakarta terdapat warung angkringan kopi yang unik. Yaitu kopi Jos. Seperti kopi pada umumnya. Seduhan kopi hitam dengan air panas dari teko. Tapi yang unik, seduhan kopi ini kemudian d masuki arang. Arang disini berfungsi menangkal asam lambung yang naik karena kopi hitam. Unik ya!

  1. Bukit Bintang

Bukit Bintang menjadi lokasi favorite wisatawan selepas malam, terletak di perbatasan Bantul dan Gunung Kidul, lokasi ini menjanjikan pemandangan eksotis Kota Jogya saat malam hari dengan gemerlap lampu kota. Suasana romantis saat menikmati hidangan juga bias anda temukan disini, apapun hidangan yang dinikmati tidak akan mengurangi kesyahduan dan keromantisan dengan pasangan anda. Ditamaha dengankerlap – kerlip lampu kota Jogja dari ketinggian, akan menambah romantis.

  1. Malioboro

Wooooooo! Malioboro ini tidak pernah terlewat kan ya kalau kita bicara t entang kota Yogyakarta. Di sekitaran Jalan Malioboro ada nasi goreng Beringharjo yang sangat legendaris. Tempat wisata di Jogja ini selalu ramai pengunjung.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here