Kebebasan Financial

Kebun Raya Bogor adalah salah satu hutan buatan yang sangat terkenal di Jawa Barat, persisnya di Daerah Bogor. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini merupakan tempat penelitian. Tempat wisata favorit di Bogor ini banyak sekali dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan. Tapi tahukah, bahwa ada beberapa spot menarik yang wajib kita kunjungi jika kita berkunjung ke Kebun Raya Bogor?

Danau Gunting Kebun Raya Bogor
Danau Gunting Kebun Raya Bogor

Berikut ini adalah Spot-spot menarik tersebut:

  1. Danau Gunting

Spot pertama yang akan kita temui di Kebun Raya Bogor adalah danau Gunting yang letaknya dekat gerbang utama. Suasana yang teduh serta pemandangan yang indah akan kita temui disini. Apalagi di beberapa titik danau akan kita temui teratai yang mengapung indah di permukaan. Di tempat ini pula kita akan menemui prasasti Reinwardt, yang merupakan pendiri Kebun Raya Bogor.

  1. Monumen Lady Rafles

Memasuki Kebun Raya Bogor dekat pintu utama kita bisa menyaksikan sebuah monumen cantik, monumen yang berbentuk cungkup ini mempunyai sesuatu yang unik yaitu dengan adanya puisi yang  ditulis oleh serdadu inggris tertera disana.

Monument Lady Rafles
Monument Lady Rafles

Monument Lady Rafles, begitu nama monumen itu merupakan sebuah monumen yang menggambarkan sebuah kisah cinta romantis sebagai persembahan cinta dari Rafles untuk Olyvia sebagai pembuktian cinta yang abadi.

  1. Taman Astrid dan Cafe Dedaunan

Di dalam kebun raya bogor juga terdapat taman yang dinamakan taman Astrid. Kita bisa melihat hamparan rumput yang menghijau dan luas serta kolam yang sangat indah. Di dekat tempat ini terdapat sebuah cafe yang dinamakan cafe dedaunan karena cafe ini diselimuti rimbunan dedaunan dan satu-satunya cafe yang ada dalam Kebun Raya Bogor.

  1. Griya Anggrek

Anda merupakan penggemar bunga anggrek maka lokasi ini cocok menjadi referensi untuk melihat dan mengenal beragam jenis bunga anggrek. Griya Anggrek, sesuai namanya griya ini berisi koleksi anggrek yang sangat indah. Terdapat sekitar 500 spesies anggrek yang dapat kita temui di Griya ini. Tanaman anggrek yang terdapat di griya ini sebagian besar dibudidayakan dengan melalui pengembangan jaringan yang ditumbuhkan melalui medium buatan di laboratorium, jadi tak ada salahnya jika kita menyempatkan datang ketempat ini.

  1. Taman Sujana Kassan

Ketika kita menyusuri Kebun Raya Bogor, pada lokasi yang berdekatan dengan Jalan Raya Jalak Harupat terdapat sebuah taman yang dengan aneka bunga warna warni, dan sebuah sungai kecil yang mengalir menambah keindahan taman ini. Dan yang menarik dari tempat ini adalah adanya rangkaian bunga yang jika dilihat dari atas akan nampak seperti burung Garuda.

Jembatan Merah Bogor
Jembatan Merah Bogor
  1. Jembatan Pemutus Cinta

Setiap lokasi mempunyai mitos tersendiri, seperti halnya juga yang ada di Kebun Raya Bogor ini juga ada mitos yang berkembang dan dipercaya masyarakat. Letaknya tidak jauh dari Griya Angrek, melintang diatas sungai Ciliwung yang airnya cukup deras membelah kebun, terdapat sebuah Jembatan Merah yang terbuat dari besi ini, Jembatan ini terkenal akan mitosnya, konon jika ada sepasang kekasih yang melewati jembatan ini maka hubungannya akan putus. Yang percaya mitos jangan coba-coba melewati jembatan ini ya.

  1. Museum Zoologi

Ingin melihat ikan paus dengan panjang 27 meter yang pernah terdampar di wilayah Pamengpeuk Garut dan merupakan mamalia terbesar didunia, maka mengunjungi Museum Zoologi sangat tepat. Tempat ini juga menyimpan banyak koleksi satwa di Kebun Raya Bogor.  Banyak satwa yang diawetkan dalam museum ini yang juga ditampilkan dalam sebuah diorama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here