Kebebasan Financial

Baru baru ini kita mendengar berita yang cukup mengagetkan, raja departen store seperti Matahari Dept Store menutup beberapa gerainya juga berita terbaru adalah Lotus Store juga mulai menutup gerainya di Sarinah Jakarta. Fenomena apakah ini ? Apakah ekonomi Indonesia sedang mengalami kelesuan sehingga daya beli masyarakat menjadi rendah, seperti apa yang dihimpun BPS? Apakah bisnis online menjadi penyebab dept store bangkrut?

Jawaban untuk ini bisa ya bisa juga tidak, kenapa ? Benar bahwa masyarakat sekarang malas untuk ke department store namun itu bukan berarti daya beli mereka rendah, justru malah meningkat. Dunia sedang bergerak dengan sangat cepat. Ingat bahwa customer masih tetap berbelanja, hanya saja  mereka bergeser ke online. Bagaimana dengan bisnis Anda? Apakah bergerak naik? Berjalan di tempat? Atau malah turun?

Baca : Tips Memulai Bisnis Online

Apa jadinya kalau semua bergerak ke online, dengan sangat cepat, dan Anda ketinggalan jauh karena Anda tidak menyadarinya? Setiap bisnis yang dijalankan memang memiliki tantangan. Tak terlepas bisnis online. Berikut tantangan yang mungkin Anda hadapi dalam menjalankannya.

Pesaing
Siapa bilang bisnis online minim kompetitor? Justru karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan dari berjualan online maka menimbulkan datangnya kompetitor. Apalagi mudahnya menjalankan bisnis ini, siapa pun bisa berbisnis. Para pelaku bisnis harus bisa menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dibanding dengan pelaku bisnis toko online lainnya demi menarik minat konsumen.

Sikap Konsumen
Biasanya tipe ini senang bertanya-tanya dan kemudian tertarik memesan tapi ketika ia menemukan ada toko lain yang lebih murah justru malah mengabaikan pesanan. Lalu, si konsumen ini kabur dan menjadi sulit dihubungi. Untuk menyikapinya, lebih baik Anda memberi batasan waktu dalam soal pemesanan dan pembayaran untuk menghindari ulah konsumen seperti ini.

Hacker
Hacker bisa menjadi tantangan Anda ketika menjalani bisnis ini. Biasanya mereka mengincar online shop yang telah memiliki banyak pengikut. Sang hacker akan berusaha mengambil alih online shop tersebut kemudian mengganti seluruh foto produk Anda dengan foto produk dari online shop penipu tersebut. Demi mengantisipasinya, maka pelaku bisnis harus berhati-hati dan melakukan pengecekan situs serta sosial media miliknya sehingga bisnis onlinenya terhindari dari aksi pembajakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here