Kebebasan Financial

Masih berbicara seputar objek wisata di kota Brebes. Kali ini saya mengajak anda berkunjung ke suatu pulau yang cukup unik yaitu pulau cemara. Jika biasanya pulau dipinggiran pantai itu diisi oleh pohon kelapa atau pohon bakau, di pesisir pantai ini malah di temukan banyak pohon cemara. Unik bukan?

Tak hanya sampai disana saja keunikan dari pulau ini, pulau ini juga memiliki pasir putih bersih yang terbentang luas serta air lautnya yang begitu jernih dan biru. Ketika anda berkunjung kesini, anda pasti tidak akan menyesal. Tidak perlu jauh-jauh menikmati pulau indah, brebes punya pulau yang satu ini.

 

Oh ya, saya hampir lupa menjelaskan bahwa pulau ini terletak di satu desa yang sama dengan hutan bakau Pandansari. Desa tersebut yaitu desa sawojajar yang termasuk menjadi salah satu bagian pantai utara (Pantura). Untuk sampai di kasawan wisata pulau cemara ini sangatlah mudah, sama halnya jika kita ingin mengunjungi kawasan hutan mangrove Pandasari Kaliwlingi atau wisata pulau pasir putih karena lokasinya sejalur, cukup dengan kita mengarah ke Desa Sawojajar.

Setelah sampai di Pasar Sawojajar kita akan menjumpai jembatan dan pertigaan jalan, lalu belok kiri kearah Perumnas Sawojajar. Disepanjang perjalanan terdapat beberapa papan petunjuk yang cukup jelas, sehingga tidak perlu khawatir akan tersasar. Atau bisa juga bertanya kepada masyarakat sekitar, mereka akan mengarahkan kita pulau ini. Anw, penduduk disini sangat ramah-ramah loh. Sebagai wisatawan disini, saya senang karena penduduknya ramah-ramah sekali.

Setelah melewati Perumnas Sawojajar diujung desa, kita akan memasuki kawasan tambak udang windu. Jikalau dilihat sarana dan prasarana menuju dermaga ini memang belum memadai, masih berupa tanah namun dikanan kirinya sudah dibangun talud penahan air sehingga air tambak tidak menggenangi jalanan tanah.Meskipun begitu saya senang berkunjung ke tempat ini, karena jiwa perduli terhadap lingkungan oleh penduduk setempatnya cukup tinggi. Kita bisa lihat dari keseriusan mereka mengelola objek wisata yang mereka miliki. Saya berharap ini menjadi salah satu contoh untuk daerah-daerah yang memiliki keindahan alam yang tersembunyi namun tidak dikelola dengan baik.

Karena masih terbatasnya fasilitas, area parkir  yang tersedia hanyalah untuk motor. Untuk parkir motor sendiri dikenakan tarif Rp. 2000.Jika anda datang menggunakan kendaraan roda empat sebaiknya parkir di pinggir desa dan  selanjutnya jalan kaki menuju dermaga sungai coban. Jangan takut jalan, jaraknya cukup dekat kok.

Untuk mencapai lokasi Wisata Pantai Pulau Cemara (WPPC), dari dermaga pengunjung akan diantarkan memakai perahu yang sudah tersedia di dermaga sungai coban, dari sini pengunjung akan menelusuri sungai coban dengan harga tiket Rp 15.000,-  biayanya sudah termasuk biaya pulang dan pergi menggunakan perahu motor loh! Selama perjalanan menuju pulau cemara pemandangan indah akan  kita saksikan, deretan pohon mangrove yang hijau mampu memanjakan mata kita

Saya mendengar dari bapak yang menemani kami, Wisata Pantai Pulau cemara ini dulunya hanyalah hamparan pulau pasir, kemudian atas inisiatif warga sekitar serta beberapa organisasi kemasyarakatan yang peduli lingkungan ditanami pohon cemara di pulau ini. Untuk pengelolaannya dilakukan oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam Wana Lestari. Dukungan pemerintah desa setempat ditunjukan dengan pembangunan talud penahan air sepanjang jalanan tanah menuju dermaga. Untuk saat ini fasilitas sarana dan prasarana memang masih minim, namun tampaknya kemajuan wisata ini sudah di depan mata.

Sesampainya disana, saya menyaksikan sendiri hamparan pasir putih yang luas serta birunya air laut juga hijaunya pohon cemara menambah elok dan membuat tenang jiwa. Pantainya cantik dan bersih, tidak menyesal saat berkunjung kesini. Disini anda juga tidak perlu kuatir jika tidak membawa bekal. Karena wisata ini menyediakan warung makan yang enak dan murah pas dikantong pengunjung. Bagi pengunjung yang suka ngopi – ngopi, tempat ini juga menyediakan tongkrongan santai.

Selain itu, ternyata lokasi ini juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping bersama keluarga atau bersama teman teman. Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi pulau ini? Silahkan dan nikmati keindahan alami pantai ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here