Sejarah di Balik Masjid Agung Demak Wisata Jawa Tengah

0
349
Kebebasan Financial

Masuknya agama Islam di Majapahit dan proses islamisasi perlahan menciptakan penguasa-penguasa baru di daerah-daerah yang menjadi wilayah kekuasaan Majapahit, terutama di daerah-daerah dipesisir pantai utara Jawa. Puncaknya, pada tahun 1500 Masehi, Raden Patah memutuskan segala ikatan politik dengan Kerajaan Majaphit, selanjutnya membentuk kerajaan baru, yakni Kerajaan slam Demak.

Baca juga : Wisata Populer Jawa Tengah

Untuk mengembangkan agama Islam di Pulau Jawa, Raden Patah yang merupakan sultan pertama Demak bersama para penyebar agama Islam lainnya yang lebih dikenal dengan Wali Sanga, membangun pusat pendidikan dan penyebaran agama Islam dengan mendirikan Masjid Agung.

Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak

Masjid tertua di Pulau Jawa ini ada di daerah wisata Jawa Tengah. Di kota manakah tepatnya? Jawabnya adalah di Kota Demak. Adalah Masjid Agung Kota Demak. Sudah pasti Masjid yang dikenal sebagai masjid tertua ini memiliki sejarah yang sangat menarik.

Apa saja sih fakta – fakta sejarah Masjid Demak wisata Jawa Tengah ini

Sebagai masjid yang merupakan peninggalan dari sultan yang pernah memerintahkan kerajaan Islam pertama di Demak, tentunya Masjid Agung Demak mempunyai fakta sejarah, lalu apa saja fakta-faktanya?

  1. Sejarah

Konon katanya, masjid Demak ini merupakan Masjid yang dibangun oleh Raden Fatah. Yaitu Putra dari Prabu Brawijaya V yang merupakan Raja terakhir Kerajaan Majapahit. Raden Fatah adalah seorang mualaf, yang ketika beranjak dewasa ia lebih memilih memeluk agama Islam dan meninggalkan agama yang dianutnya sebelumnya, yaitu agama Budha. Raden fatah membangun masjid ini dibantu oleh para Wali Songo pada tahun 1478. Sebelumnya, masjid ini baru perupa pondok pesantren binaan Sunan Ampel, yang bernama ppondok pesantren Glagah wangi, pada tahun 1466.

Makam yang terdapat dikompleks masjid
Makam yang terdapat dikompleks masjid
  1. Arsitektur

Arsitektur masjid Agung Demak wisata Jawa Tengah ini jika dilihat seperti bangunan tradisional Jawa dengan atap berbentuk limas pada umumnya. Di dalam bangunan masjid Agung Demak ini terdapat makam para Raja Demak. Juga terdapat museum yang berisi tentang sejarah Masjid Agung.

  1. Lokasi

Masjid Agung Demak ini berlokasi di desa Kauman, Demak, Jawa tengah.

  1. Filosofi kehidupan dalam bangunan

Atap limas pada Masjid ini di buat bertumpuk tiga. Yang dimaksudkan untuk mengingatkan kita bahwa kehidupan kita ini harus berpegang pada Iman, Islam dan Ihsan. Kemudian terdapat 5 pintu di dalam ruangan ini yang di fungsikan sebagai penghubung antar ruangan. 5 pintu ini diartikan pada Rukun Islam. Dan 6 buah Jendela yang diartikan adalah Rukun Iman.

  1. Landmark lain di sekitar Masjid Agung Demak

Di lingkungan Masjid Agung ini terdapat 4 bagian makam para Sultan Demak:

  • Makam Kasepuhan
  • Makam Kaneman
  • Makam pangeran Arya Penangsang, Jipang, Arya Jenar dan pangeran Panoleh
  • Makam Syekh Maulana maghribi dan singo Yudo

Anda juga bisa berwisata religi jika berkunjung ke masjid Demak wisata Jawa Tengah ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here