Rabeg, Warisan Kesultanan Banten Yang Wajib Kamu Coba

Sekilas kuliner khas Banten memang ini mirip dengan  gulai. Namun, jika gulai kebanyakan berkuah kuning maka rabeg Banten ini kuahnya hitam kental

0
205
Rabeg Khas Banten
Rabeg Khas Banten

Kesultanan Banten meninggalkan banyak warisan kuliner Banten yang rasanya lezat dan nikmat. Kini warisan kuliner itu masih bisa dinikmati hingga sekarang dengan sajian masa kini tanpa meninggalkan resep yang asli. Rabeg yang merupakan salah satu warisan kuliner kesultanan Banten, adalah kuliner yang banyak diburu para pecinta kuliner karena makanan ini hanya ada di Banten, tidak akan ditemui di daerah lain.

Kota Rabigh Jeddah (google)
Kota Rabigh Jeddah (google)

Siapa menyangka nama kuliner khas Banten ini sendiri mempunyai kemiripan dengan nama salah Kota di tanah suci Arab, sebuah kota kuno yang dahulu bernama Al Johfa, namun pada abad 17, Kota ini hancur disapu ombak, yang kemudian dibangun kembali dan diberi nama Rabiq.

Baca juga : Kuliner Paling Enak di Banten

Fakta Tentang Kuliner Kesukaan raja

Rabeg Banten
Rabeg Banten

Ini dia fakta tentang Rabeg yang perlu diketahui bagi pecinta Kuliner banten:

  1. Makanan Favorit Sultan

Makanan ini mulanya adalah makanan yang menjadi permintaan sultan Banten setelah pulang haji. Saat naik haji Sultan Banten konon disuguhi makanan berkuah dengan bahan dasar daging kambing saat  berlabuh dikota Rabiq. Kelezatan makanan ini melekat dibenak Sultan.

Maka para juru masak kesultanan Banten berusaha keras membuat makanan yang rasanya menyerupai makanan yang disantap Sultan saat naik haji. Jadilah kuliner khas Banten dengan bumbu rempah khas banten dengan sensasi pedas.

  1. Ciri Khas Rabeg Banten

Yang menjadi ciri khas kuliner Banten ini adalah menggunakan daging dan jeroan kambing untuk bahan dasarnya. Rasanya yang pedas juga menjadi ciri khas makanan ini. Dengan bumbu dasar bawang merah dan bawang putih yang dipadu dengan lada putih, biji pala, kayumanis, jahe, lengkuas dan cabe rawit menjadikan makana khas ini menjadi harum.

  1. Perbedaan dengan Gulai

Sekilas kuliner khas Banten memang ini mirip dengan  gulai. Namun, jika gulai kebanyakan berkuah kuning maka rabeg Banten ini kuahnya hitam kental. Selain itu makanan ini juga lebih pedas. Cocok untuk penikmat pedas. Lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

  1. Makanan Khas Saat Hari Besar

Saat ini Rabeg telah menjadi makanan yang langka. Namun, bukan berarti tidak bisa menikmati makanan ini saat berkunjung ke Banten. Ada beberapa rumah makan yang masih menyediakan makanan Rabeg ini.

Rabeg akan banyak ditemui saat hari raya tiba atau hari besar lainnya. Karena banyak rumah yang menyediakan makanan ini saat hari raya tiba.

  1. Tempat Rabeg Favorit

Tidak sulit untuk menemukan Rabeg saat pergi ke Banten, anda bisa mendapatkan makanan ini dirumah makan yang letaknya di depan hotel Cilegon yang sudah jadi Favorit.

Kuliner Banten ini wajib dicoba terutama penggila pedas dan makanan berbahan dasar kambing. Selamat berwisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here