Garut siapa yang tidak mengenal Kota dengan kuliner khasnya dodol Garut yang terkenal kelezatannya, dan juga kerajinan kulitnya dengan jaket kulit yang berkualitas. Garut bukan hanya terkenal kuliner dan kerajinannya, karena di garut ini juga terdapat lokasi wisata yang sangat indah dan wajib dikunjungi. Adalah Pantai Santolo salah satu yang terkenal di wilayah pesisir selatan Jawa Barat.

Terkenal sebagai pusat budaya, hiburan, kuliner dan Fashion, Jawa Barat yang wilayahnya sangat luas pun menyimpan banyak wisata alam yang mengagumkan. Bukan hanya pegunungan, tapi juga pantainya pun sangat mengagumkan.

Pantai Santolo Garut
Pantai Santolo Garut

Pantai ini terletak di Pamalayan, Cikelet, Kab. Garut. Pantai ini begitu mengagumkan hingga banyak wisatawan tidak melewatkannya jika berkunjung ke Garut. Ada beberapa alasan kenapa pantai ini dikagumi,berikut ini adalah 3 alasan tersebut:

  1. Keindahan Panoramanya

Telah terkenal jika pantai Santolo ini punya keindahan alam yang aduhai. Yang unik di pantai ini adalah adanya sebuah pulau kecil yang terdapat di tengah laut. Namanya sesuai dengan nama Pantai Santolo. Pulau Santolo. Bisa dijangkau dengan menaiki perahu nelayan atau dengan menyeberang lewat jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau.

Hal unik lain adalah hukum alam yang terbalik. Pantai ini berdekatan dengan sungai Cilauteureum sebagi hilirnya. Saat pantai sedang surut air laut pantai akan mengalir ke hilir sungai karena memang letak sungai ini yang lebih rendah dari pantai.

Di pantai ini juga kita bisa melihat kumpulan batu-batu karang yang besar, biota laut serta hamparan laut yang luas. Pasir yang halus sepanjang pantai juga bagian dari keindahan pantai ini. Wajar bukan jika banyak yang kagum dengan keindahan pantai ini.

  1. Adanya Kampung Nelayan Tradisional.

Seperti kebanyakan pantai yang lain, pantai Santolo juga dilingkupi kampung nelayan yang masih tradisional. Pemandangan ini menambah keelokan pantai Santolo. Banyak perahu nelayan yang bersandar di dermaga pantai.

Dengan adanya kampung nelayan ini,para wisatawan bisa menikmati ikan laut segar yang dibakar yang dijajakan di rumah makan disepanjang pantai. Kita juga bisa mengetahui aktifitas nelayan disini secara langsung.

  1. Rute yang tidak Sulit

Ada dua rute yang ditawarkan jika hendak berkunjung ke Pantai Santolo. Rute pertama yaitu lewat Garut hingga ke Cikelet yang memakan waktu hingga 4-5 Jam. Rute kedua yakni lewat Bandung. Rute ini memang agak lama sekitar 7 jam. Mulai dari Bandung,pangalengan,Rancabuaya hingga menuju Pantai Santolo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here