Apa dan Bagaimana Bisnis Tour & Travel?

1
434
Kebebasan Financial

Mengapa Bisnis Tour & Travel?

Market Besar

Bisnis yang bagus tak hanya bicara tentang market-nya saja yang besar, namun permintaannya pun harus tinggi. Potensi ini ada di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Pesawat adalah moda transportasi yang disukai saat ini karena di samping bisa cepat sampai tujuan, harga tiket pun relatif terjangkau. Dari data BPS (Badan Pusat Statistik), tiket pesawat pada tahun 2012 terjual lebih dari 60 juta lembar, tahun 2013 terjual sebanyak lebih dari 80 juta lembar, dan tahun 2014 lebih dari 100 juta lembar. Angka yang sangat fantastis, mengingat hampir setiap tahun kenaikannya mencapai 30-40%. Di Jakarta saja, setiap bulan terdapat rata-rata 2 juta penumpang, belum di kota-kota lainnya.

<iframe align=”center” frameborder=”yes” height=”250px” name=”frame1″ scrolling=”auto” src=”https://agen-travel.id/” style=”border: 1px solid;” width=”250px”></iframe>

Anggap saja, kita bisa mengambil market sebesar 0.1 persennya saja dari penumpang potensial di Jakarta, yaitu 2000 penumpang. Keuntungan tiket pesawat rata-rata 25rb per pax (passenger), maka bila dihitung keuntungan yang kita dapatkan adalah 50jt per bulan. Itulah yang dinamakan faktor kali, sedikit x banyak x sering = banyak. Sangat potensial dan menarik bukan? Ini baru 1 dari 19 layanan yang bisa Anda pasarkan untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah dari usaha Anda. Bagaimana jika nantinya Anda bisa memaksimalkan semuanya?

Bisnis Sepanjang Masa

Bisnis ini bukan bisnis musiman dan bisa dikatakan tidak ada sepinya. Terbukti, di bandara, stasiun, atau terminal tidak pernah sepi penumpang. Jika kita berbisnis sesuatu yang bersifat musiman, seperti bisnis jualan terompet tahun baru, lakunya hanya pada momen tahun baru saja biasanya. Berbeda dengan bisnis Tour & Travel yang bisa menjadi bisnis sepanjang masa. Bisnis ini akan laku terus selagi orang masih membutuhkan transportasi. Biasanya, penjualan meningkat drastis saat peak season dan high session seperti menjelang hari raya (Lebaran, Natal, dan lainnya), tahun baru, dan hari-hari besar lainnya.

Bisnis yang Dibayar di Depan

Salah satu kriteria bisnis yang bagus adalah yang menerima pembayaran di depan. Bisnis Tour & Travel, salah satunya. Setelah customer membayar, barulah kita melakukan issued dan print atau berikan tiket/e-ticketnya.

Bisa Dibuka di Mana Saja

Untuk menggeluti bisnis ini, yang harus Anda lakukan hanyalah mempunyai sistem ticketing-nya. Anda cukup membeli sistem franchise Tour & Travel sekali saja, yang untuk berikutnya bisa dibuka berulang kali.

Profit = Passion

“Sebagian orang yang terlalu skeptis berpikir bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang sesuai dengan Hobi. Namun seiring dengan berjalannya waktu Anda akan dapati bahwa disaat Anda mulai merasakan keuntungannya, bisnis ini akan mulai bergeser menjadi passion Anda.

Mengapa sebelum adanya Solusi ini Buka Tour & Travel begitu Sulit?

Legalitas Perusahaan

Untuk memulai usaha Tour & Travel, kita harus menyiapkan berbagai persyaratan menyangkut legalitas dengan biaya pengurusan yang tidak bisa disebut kecil, seperti biaya untuk perizinan, akta notaris, domisili, HO, NPWP, SIUP, TDP, SK Kehakiman, Badan Pariwisata, sampai izin kementerian. Untuk masalah legalitas saja, kita harus menyiapkan dana sekitar 40-50jt dengan proses yang bisa memakan waktu sekitar 2-3 bulan. Kita baru bisa membuka bisnis Tour Travel setelah izin-izin tersebut rampung.

Untuk Pemula, Harus Offline

Jadi, jika masih pemula dalam bisnis ini, kita melakukan proses booking-nya via telepon ke agen travel lain, harus ada semacam LG (letter of guaranted), dan mengambil tiketnya ke agen travel lain. Dalam konteks ini, akan ada banyak waktu terbuang karena kita harus menunggu agen travel lain untuk issued tiket. Sementara itu, untuk mendapatkan sistem reservasi online langsung dari airline, kita biasanya akan diminta membuat laporan penjualan 3 bulan terakhir. Dalam hal ini, tentu kita harus menjadi sub agen ke agen travel lain yang sudah punya sistem.

Wajib Deposit
Jika rata-rata deposit per maskapai adalah 10jt rupiah, maka jika ada 20 maskapai, modal yang harus kita siapkan adalah sektiar 200jt untuk dapat bertransaksi. Itu pun harus ada saldo mengendap di masing-masing maskapai sebesar 1jt rupiah.

Ada Target yang Harus Dicapai

Ada target yang harus dicapai dalam sebulan, misalnya harus bisa menjual sejumlah tiket. Jika tidak mencapai target, akun kita untuk dapat mengakses sistem maskapai tersebut akan ditutup.

Trial & Error

Kita harus melakukan trial dan error untuk mendapatkan formula paling tepat dalam menjalankan bisnis ini. Kita harus mencoba, meraba-raba sendiri, dan pasti melakukan kesalahan hingga merugi karena maskapai umumnya tidak menyediakan training atau pelatihan seputar pemesanan tiket.

Sekarang, apakah ada cara yang lebih mudah dan murah untuk membuka Usaha Tour & Travel?
Jawabannya: Ada! 
Silahkan Anda pelajari penjelasan selanjutnya dibawah ini sampai selesai.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here