7 Kuliner Banten Tradisional ini Wajib Kamu Coba!

0
213
Kue Jojorong Banten
Kue Jojorong Banten
Kebebasan Financial

Setiap daerah pasti punya kuliner tradisional yang diturunkan turun temurun, bukan hanya menyajikan rasa namun juga jenis kuliner daerah mempunyai filosofi tersendiri bagi masyarakat sekitar, begitu juga dengan kuliner Banten. Daerah Banten mempunyai banyak kuliner tradisional yang wajib anda coba.

Baca juga : Kuliner Yang wajib Kamu Coba di Banten

Kuliner tersebut akan membuat anda sulit untuk melupakan Banten karena kelezatan rasanya.

Ini dia 7 kuliner banten tradisional yang wajib anda coba;
  1. Kue Jojorong

Kue Jojorong adalah kuliner banten yang terbuat dari tepung kanji dan tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Dibungkus dengan daun pisang lelehan gula merahnya dijamin membuat anda merasa tidak sia-sia menyantap kue lezat ini.

  1. Kue Pasung

Hampir sama dengan kue Jojorong hanya saja daun pisang untuk membungkus bentuknya mirip corong. Kue pasung terdiri dari dua adonan yang pertama adalah tepung beras dicampur gula merah sedangkan yang kedua adalah tepug sagu dengan santan.

Kue Pasung khas Banten
Kue Pasung khas Banten
  1. Kue Apem

Kue ini cocok disantap saat berbuka puasa, begitu juga dengan kue jojorong dan kue pasung. Kue ini terbuat dari tepung beras yag dicampur dengan tape atau peuyeum. Rasa kecut jika menyantap kue apem berasal dari peuyeum ini. Yang paling terkenal adalah apem dari kec Cimanik.

  1. Balok Menes

Jika mendengar kata balok, biasanya kita akan membayangkan benda berbentuk kotak dan keras, namun yang ini bukanlah kayu melainkan kuliner khas daera Menes Pandeglang. Balok yang ini bisa dimakan dengan bentuk yang kecil dan tentunya lembut.

Jenis makanan yang terbuat dari hasil bumi ini mirip dengan getuk, balok menes sama-sama terbuat dari singkong yang dihaluskan. Jika getuk ditaburi kelapa parut maka balok menes ditaburi dengan serundeng yang membuat rasanya nikmat menggoyang lidah.

  1. Ketan Bintul

Bagi sebagian masyarakat Banten, saat Ramadhan adalah saatnya menikmati beragam kue-kue khas yang jarang bisa dinikmati pada hari-hari biasa, ini bukan karena seharian berpuasa lalu membalas dengan segala makanan.

Kuliner dengan bahan baku ketan ini, sangat lembut dan tentu karena rasanya yang gurih sehingga diburu masyarakat terutama saat menjelang berbuka puasa. Ketan yang dicampur dengan daging sapi atau kerbau ini kemudian dicampur dengan santan dan diberi kuah semur daging sehingga tentunya menambah ragam rasa.

Ketan khas Banten ini tidak boleh dilewatkan, rasanya yang gurih tentu akan membuat anda suka dan jatuh cinta dengan kuliner Banten yang kaya rasa.

  1. Sayur Besan

Sayur besan mempunyai empat komposisi utama yang berupa terubuk, petai, kentang dan bihun. Sayur ini hanya ada di banten, maka jika anda sedang berkunjung ke Banten sempatkanlah mencicip kuliner tradisional ini. Rasanya yang nikmat berasal dari campuran berbagai rempah dengan empat komposisi tersebut.

  1. Laksa Tangerang

Laksa tangerang berbeda dengan laksa yang ada di daerah lain. Laksa Tangerang adalah jenis laksa dengan mie yang digunakan bertekstur lebih kasar,kuahnya lebih bening serta taburan kelapa parut.

Kuliner Banten tradisional adalah makanan yang wajib dilestarikan mengingat tidak banyak lagi warga Banten yang menjajakannya. Dengan melestarikannya wisata kuliner Banten akan semakin kaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here