Kekayaan Kuliner Banten yang Menggoyang Lidah

2
133
Sate Bandeng Banten
Sate Bandeng Banten
Kebebasan Financial

Sudah terkenal kalau Banten menjadi rekomendasi propinsi yang harus dikunjungi saat liburan tiba. Propinsi dengan ibukota Serang ini menyimpan bukan hanya kekayaan budaya, seni, tempat wisata yang indah juga kaya akan kuliner Banten yang siap menggoyang lidah bagi yang datang ke Banten.

Ini dia 5 kuliner banten yang sukses bikin lidah bergoyang;

  1. Nasi Sumsum

Kalau belum makan nasi katanya serasa belum makan, itu lah orang Indonesia yang sudah menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Sehingga banyak olahan makanan dengan nasi, termasuk juga makanan khas yang ada di Kota Serang Banten ini.

Nasi SUmsum Banten
Nasi SUmsum Banten

Kuliner Banten nasi sumsum amat sayang jika dilewatkan. Kelezatan nasi bercampur sumsum kerbau pasti sukses membuat lidah anda bergoyang. Aroma sumsum dan daun pisangnya akan menaikkan selera makan anda.

Konon, nasi sumsum ini sudah ada sejak tahunn 1941, dengan bahan utama nasi dan sumsum  tulang yang sudah diremukan dan hanya diambil sumsumnya saja. Nasi yang telah di campur dengan sum-sum ini kemudian dibakar dan dijadikan sajian yang menggugah selera. Nah tertarik mencoba kuliner Banten nasi sum-sum ini, yuk ke Banten!

  1. Sate Bandeng

Sate bandeng yang ada di Banten telah terkenal sejak tahun 1500 an ketika kerajaan Banten berdiri. Sate yang umumnya berbahan daging ayam atau kambing, warga Banten menyajikan hidangan sate lain, yaitu menggunakan daging ikan bandeng yang telah diambil durinya.  Sate ini cukup terkenal di Banten karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Sate Bandeng Banten
Sate Bandeng Banten
  1. Pecak Bandeng

Tidak cukup dibuat sate, warga Banten menyajikan ikan bandeng dengan sajian lain yaitu pecak Bandeng. Pecak sendiri artinya sambel. Maka pecak bandeng adalah ikan bandeng yang digoreng atau dibakar dan dinikmati dengan sambal pedas yang berhasil membuat lidah bergoyang goyang kepedasan.

  1. Rabeg

Mulanya Rabeg adalah makanan orang arab, namun warga Banten meramunya dengan rempah-rempah khas Banten hingga kuliner Rabeg yang berbahan daging dan jeroan kambing ini semakin nikmat. Mirip seperti gulai dengan kuah berwarna hitam.

  1. Nasi Belut

Makanan ini merupakan makanan favorit warga Banten. Dengan memotong belut menjadi kecil-kecil dan dicampur dengan sambel serta dinikmati dengan nasi hangat pasti akan membuat lidah anda bergoyang dan ketagihan untuk mencoba lagi. Lebih nikmat jika disantap dengan lalapan sayur yang menjadi kebiasaan warga tanah pasundan.

Bagaimana anda tertarik untuk mencoba makanan penggoyang lidah tersebut?. Kuliner Banten adalah kuliner yang tidak boleh terlewatkan untuk masuk dalam daftar trip kuliner saat datang ke Banten.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here