Anda pasti sudah sering mendengar tentang keindahan Karimun Jawa .  Wisata Jawa Tengah yang satu ini seringkali di sebut – sebut sebagai surga bahari. Lautan biru dengan pasir putih membentang luas, kontras dengan langit biru di atasnya.

Berbagai kegiatan wisata bahari dan olahraga air, seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, berjemur atau menjelajahi lautnya yang jernih bisa dilakukan di pulau yang terletak kurang lebih 5 jam perjalanan menggunakan kapal dari Pelabuhan Kartini Jepara.

Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa
Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Lalu, apa saja sih yang membuat wisata Jawa Tengah ini begitu di sanjung – sanjung oleh para wisatawan yang sudah pernah kesana? Cek yuk!

Baca juga : Pesona Karimun Jawa

  1. Mangrove

Mangrove? Ya! Di Karimun Jawa ada Hutan Mangrove. Hutan mangrove seluas 10,5 hektar ini masih alami. Terdapat jalur tracking mangrove berupa jalur papan kayu yang memang sudah di sediakan oleh pihak pengelola, termasuk peta atau denah yang akan anda temui ketika anda sedang tracking hutan mangrove di pulau ini. Pada pergantian musim, anda akan menemui 2 jenis kupu – kupu langka yang memang hanya ada di Karimun Jawa.

  1. Pulau – pulau

Ada 5 pulau berpenghuni dari total 27 pulau di kepulauan ini. Jika anda ingin camping, anda bisa mencoba nya di pulau yang tidak berpenghuni. Sedangkan lokasi asyk untuk berenang  dan kegiatan air lainnya banyak terletak dipulau pulau yang menyebar diantaranya ada Pulau Menjangan Kecil, Pulau Kembar, Pulau Kumbang dan masih bayak pulau favorite lainnya. Backpacker dan anak gunung pun bisa berwisata ke pulau ini dan menikmati kawan hutan nasionalnya.

  1. Pesona bawah laut

Tidak perlu diragukan lagi kalau soal keindahan bawah laut Karimun Jawa. Di lokasi Wisata Jawa Tengah favorite ini,  anda bisa menyelam dan menyaksikan pemandangan bawah laut berupa lebih dari 100 jenis ikan dan puluhan jenis terumbu karang yang sangat mempesona. Bagi anda yang tidak bisa menyelam atau berenang, ada kapal dengan bagian bawah nya kaca. Jadi, kita tetap bisa berwisata ke Karimun Jawa dong meskipun tidak bisa berenang.

  1. Hiu

Karena keindahan bawah laut nya, anda bisa mencoba sensasi diving di beberapa pulau di kepulauan karimun Jawa. Selain terumbu karang dengan berbagai ukuran dan ikan ber warna – warni, anda juga bisa mencoba pengalaman berenang bersama hiu. Terdapat penangkaran hiu di pulau Menjangan Kecil.

Jadi, masih bingung liburan hendak ke lokasi Wisata Jawa Tengah mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here