Fakta di Balik Masjid Agung Banten Wisata Religius

1
160
Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten
Kebebasan Financial

Masjid Agung Banten yang telah berdiri ratusan tahun kini telah masuk dalam wisata Banten religius yang banyak mendapat kunjungan wisatawan. Jika pada hari biasa pengunjung begitu ramai maka pada hari besar Islam pengunjung akan bertambah banyak.

Masjid Agung yang terletak dikawasan Banten lama ini, terletak dikelurahan Banten, Kecamatan Kasemen Kota Serang. Kurang lebih sekitar 10 km dari pusat Kota Serang atau jika kita dari Jakarta kurang lebih 4 jam perjalanan lewat TOL Jakarta – Merak.

Baca juga : Wisata Misterius Kota Semarang

Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten sendiri dibangun oleh Sultah Maulana Hasanudin atas perintah Sunan Gunung Jati. Masjid ini sejak dahulu telah punya banyak keunikan. Berikut ini adalah 5 fakta tentang Masjid Agung yang perlu diketahui:

  1. Dibangun ditempat yang suci

Konon saat sultan Hasanudin mendapat perintah dari Sunan Gunung Jati untuk mendrikan masjid, sultah Hasanudin melakukan ritual untuk mencari tempat yang cocok untuk membangun masjid. Saat sedang minta petunjuk pada Sang Pencipta, tiba-tiba laut tersibak dan menjadi daratan. Ditempat inilah sultan Hasanudin akhirnya mendirikan Masjid Agung Banten. Yang kini menjadi wisata Banten religius.

  1. Arsitektur unik

Bangunan induk Masjid ini berdenah segi empat dan uniknya arsitektur masjid ini terlihat dari atapnya yang bersusun lima, hampir sama dengan pagoda Cina. 5 tingkat tentunya mempunyai nilai filosofi tersendiri, yang berasal dari 5 rukun islam.  Hingga kini keindahan arsitektur ini masih dapat dinikmati.

  1. Desain Rancangan Raden Sepat

Keunikan desain masjid Agung Banten tidak lain adalah adanya campur tangan Raden Sepat yang mendesain masjid indah ini.  Raden Sepat juga yang telah mendesain Masjid Agung di Demak.

  1. Tiang Masjid Berjumlah 24

Keunikan lain dari masjid ini adalah banyaknya tiang dalam masjid. Jika dihitung jumlah tiangnya adalah 24 buah. Tentu ada makna filosofis dalam jumlah tiangnya. 24 menandakan jumlah waktu dalam sehari semalam. Tiangnya yang berbentuk segi delapan juga punya makna. Angka 8 sendiri di dapat dari pembagian jumlah tiang dibagi 3. Angka 3 merupakan simbol dari ibadah,Mai’syah dan istirahah. Artinya dalam hidup selama 24 jam ada waktu tersendiri untuk ibadah,kerja dan istirahat.

  1. Pintu Masuk Berjumlah 6

Pintu masjid ini pun punya makna yang filosofis. Pintunya yang berjumlah 6 menandakan rukun iman yang wajib diimani.

Setelah mengetahui fakta Masjid Agung tentu anda akan punya banyak wawasan sebelum berkunjung kesana. Wisata Banten religius yang satu ini memang layak dijadikan rujukan tempat liburan religius karena keunikannya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here