Pelabuhan Merak Banten
Pelabuhan Merak Banten

Pelabuhan Merak menjadi destinasi wisata Banten, tidak hanya sebagai sarana penyeberangan antar pulau saja. Hal ini bertujuan agar para penyeberang pelabuhan ini memiliki pengalaman yang berbeda dan tidak menjemukan.

Objek wisata Pelabuhan Merak ini berlokasi di Merak, Desa Mekarsari, Cilegon, Banten.

Fakta – fakta tentang Pelabuhan Penyeberangan Merak Bakauheni

1. Anak koin

Anak koin adalah sebutan bagi anak – anak yang tinggal di sekitar pelabuhan yang berebutan mengejar uang – uang koin yang dilepar oleh penumpang ke dalam air. Mereka mengejarnya dengan cara menyelam hingga mendapatkan koin – koin tersebut. Tentu saja anak – anak koin ini memiliki kemampuan berenang, menyelam dan memiliki pernapasan yang kuat. Mereka akan melompat dari atas kapal ke dalam laut untuk mengambil koin yang anda lempar.

Anak Koin Pelabuhan Merak
Anak Koin Pelabuhan Merak
  1. Fasilitas mewah

Wisata Banten Pelabuhan Merak ini memiliki dermaga – dermaga eksekutif yang tidak hanya bisa dinikmati oleh penyeberang, tetapi juga oleh semua orang. Karena terdapat berbagai macam fasilitas komersil dan gaya hidup. Dermaga ini menghabiskan biaya sekitar Rp 500 milyar.

  1. Penambahan jumlah dermaga

Pengembangan fungsi Pelabuhan wisata ini menuntut pemerintah untuk menambah jumlah dermaga di Pelabuhan merak ini. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung fungsi pelabuhan yang tidak hanya sebagai sarana penyeberangan, tetapi juga sebagai tempat wisata yang menyenangkan bagi para penyeberang.

  1. Pembangunan pusat ekonomi

Pemerintah menargetkan pembangunan pusat ekonomi di Pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera ini. Sehingga para penyeberang dapat memenuhi segala kebutuhannya dari dalam area Pelabuhan Merak ini. Tidak perlu lagi khawatir harus pergi ke mana lagi jika ingin berbelanja kebutuhan – kebutuhan mendesak yang mungkin tertinggal saat persiapan sebelum bepergian. Selain itu juga akan ada pelayanan tiket online e-ticketing untuk mobil – mobil pribadi.

  1. Sejarah Pelabuhan Merak

Pelabuhan Merak ini sendiri awalnya digunakan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk jalur kereta api dari Jakarta ke Banten. Namun setelah dilihat bahwa Jalur kereta api ini bisa menunjang kegiatan ekonomi dan politik antara Pulau Jawa dan Sumatra, maka di fungsikan sebagai lokasi Pelabuhan oleh pemerintah hindia Belanda. Dan kini pelabuhan ini tidak hanya sebagai sarana penyeberangan, tetapi juga sebagai sarana wisata Banten juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here