Tentang Sate Bandeng Banten Yang Perlu Diketahui

0
241

Sate merupakan makanan khas Indonesia, jenis makanan yang mudah kita dapatkan disetiap daerah meskipun dengan ciri khas yang berbeda beda, termasuk juga sate bandeng khas Banten.  Bagi pecinta kuliner Banten,sate bandeng bukanlah makanan yang asing dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Jika sate berbahan dasar daging ayam atau kambing, daerah Banten yang kaya akan ikan Bandeng mengolahnya dengan cara yang lain, yaitu dengan cara disate. Rasanya pun tidak kalah dengan sate yang lain.

Lihat juga : Kekayaan Kuliner Banten

Ini dia 5 fakta tentang sate bandeng khas Banten yang perlu diketahui

Lalu hal apa saja yang membedakan antara sate bandeng khas Banten dengan sate lainnya, berikut adalah fakta yang perlu diketahui

  1. Sate Ikan

Kuliner banten ini memang berbeda dengan yang lainnya. Di daerah Banten ada juga sate bebek yang sangat terkenal. Sate yang satu ini bedanya menggunakan bahan dasar ikan yaitu ikan bandeng. Rasanya lebih nikmat karena adanya perpaduan bumbu rempah yang telah diturunkan turun temurun.

sate bandeng banten
sate bandeng banten
  1. Warisan Kesultanan Banten

Kesultanan Banten punya banyak sekali warisan yang bisa dinikmati saat ini. untuk kulinernya sate bandeng tidak boleh dilewatkan. Ide awal pembuatan sate ini adalah karena juru masak kesultanan ingin menyajikan olahan bandeng yang lain.

Karena bandeng adalah ikan yang banyak durinya maka dtumbuklah ikan bandeng tersebut agar daging dan tulang bisa hancur. Jika tulang telah hancur maka akan lebih mudah memakannya. Dicampur dengan bumbu khas Banten yang dicampur dengan santan, akan menghasilkan aroma yang sedap saat dibakar.

  1. Sate Ikan Tanpa Tulang

Saat menikmati kuliner ini yang jadi ciri khas adalah tidak adanya duri pada ikan bandeng yang telah dibakar. Ini memudahkan bagi siapapun yang ingin menyantapnya. Mengingat ikan bandeng adalah jenis ikan yang banyak durinya.

  1. Perubahan Resep

Kuliner warisan sultan Banten ini dulunya hanya berbumbu sederhana berupa garam, bawang merah, gula merah serta Santan. Namun,sekarang resep itu telah mengalami perubahan dengan tambahan rasa pedas pada sate bandeng untuk memenuhi permintaan para penyuka pedas.

  1. Buah Tangan khas Banten

Ke Banten tidak afdol jika tidak menikmati kuliner ini. selain telah terkenal makanan ini juga bisa dijadikan buah tangan untuk sanak saudara. Rasanya yang lezat dan gurih pasti akan membekas dalam ingatan bagi siapa saja yang telah menikmatinya.

Sate bandeng kuliner Banten ini wajib dicoba bagi siapa saja yang tengah mengunjungi Banten. Makanan penggoyang lidah ini dijamin membuat anda ingin selalu mengunjungi Banten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here