5 Fakta Candi Prambanan Yang Tak Banyak Orang Ketahui!

Berwisata ke Kota Yogyakarta rasanya tidak lengkap jika belum berkunjung ke candi, dan salah satu candi yang wajib menjadi agenda kunjungan adalah Candi Prambanan

0
124
Candi Prambanan
Candi Prambanan

Berwisata ke Kota Yogyakarta rasanya tidak lengkap jika belum berkunjung ke candi, dan salah satu candi yang wajib menjadi agenda kunjungan adalah Candi Prambanan. candi yang terletak di Taman Wisata Prambanan ini terletak 17 km kearah timur dari KotaYogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo.

Baca juga : Fakta Unik Malioboro

Fakta Candi Roro Jonggrang

Candi ini  merupakan Candi Hindu yang fenomenal, dan menjadi favorite para wisatawan, bukan hanya karena keindahan namun juga nilai sejarah yang ada, hingga UNESCO pun menetapkan Candi Prambanan dalam kategori situs budaya. Fakta – fakta apa saja sih yang perlu kita ketahui?

Baca juga : Wisata Jawa Tengah Populer

  1. Sejarah Candi

Dibangun oleh Rakai Pikatan untuk menyaingi Candi Borobudur pada tahun 850 Masehi. Sebagai pertanda bahwa Dinasti Sanjaya telah berkuasa di tanah Jawa.

  1. Legenda

Kisah Roro Jongrang pada Candi Prambanan hanyalah sebuah legenda dari masyarakat yang tidak benar – benar mengerti asal muasal berdirinya Candi. Arca yang di duga jelmaan Roro Jongrang ternyata adalah arca Dewi Durga, Dewa Umat Hindu.

  1. Pemugaran Candi

Pada tahun 930-an, Candi Prambanan runtuh. Diperkirakan karena letusan Gunung Merapi, atau karena peperangan perebutan kekuasaan. Pada abad ke – 16, Prambananmemang pernah luluh lantak. Tapi dapat di telusuri dan di temukan kembali oleh CA. Lons dari Belanda pada tahun 1733. Pemugaran di mulai pada tahun 1918 hingga 1993. Dimana sebelumnya sempat terlantar puluhan tahun karena pemugaran tidak dilakukan lebih lanjut pada masa Sir Thomas Stamford Raffles.

  1. 3 Candi Utama

3 candi utama pada candi ini di dedikasikan untuk Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa. Candi yang paling tinggi dan besar di kompleks Candi Prambanan didedikasikan untuk Dewa Siwa. Tinggi nya 47 meter dengan lebar 34 meter. Ruang utama di tengah bagian dalam Candi Siwa ini terdapat arca Siwa. Candi Wisnu memiliki tinggi 20 eter dengan lebar 33 meter.  Candi Brahma memiliki tiggi 20 meter dengan lebar 33 meter. Relief di sekeliling candi ini menceritakan tentang kisah Ramayana.

  1. Mitos dan misteri

Candi Prambanan memiliki mitos yaitu sepasang kekasih yang masuk ke dalam Candi Prambanan akan putus beberapa hari kemudian.

Selain itu, candi ini mirip dengan Angkor Wat. Candi Hindu terbesar di dunia. Yang terletak di Kamboja. Akan tetapi, jika dilihat dari tahun pembuatannya, Candi Prambanan di bangun lebih dulu, daripada Angkor Wat yang dibangun pada abad ke 12.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here