Eksotisme Pulau Cangkir Wisata Banten

0
230
Pulau Cangkir Tangerang Banten
Pulau Cangkir Tangerang Banten

Pulau Cangkir wisata Banten adalah destinasi selanjutnya yang masuk wiasata Banten Favorit dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun dari daerah lain. Lokasinya yang berada di desa Kronjo, Kec. Kronjo Kab. Tangerang membutuhkan waktu perjalanan selama 2 jam dari Jakarta.

Pulau Cangkir adalah pulau kecil yang yang berada dipesisir utara, berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Tangerang. Karena destinai ini menyimpan sejarah yang menjadi ikon lokasi makam keramat, untuk memudahkan wisatwan dibuatlah jembatan untuk menuju pulau ini. pulau ini menyimpan eksotisme tersendiri.

Baca juga : Wisata Banten Religius

5 hal yang perlu anda tahu sebelum berkunjung kepulau ini:

  1. Destinasi Wisata Ziarah

Wisata Banten lebih terkenal sebagai destinasi wisata ziarah. Jika pada hari biasa pulau ini akan ramai, maka pada hari besar tertentu akan lebih ramai. Adanya makam seorang ulama membuat pulau ini menjadi wisata ziarah yang menyedot minat banyak orang.

Ditempat ini pula terdapat gentong manakim Syekh Abdul Qodir Jailani yang tidak habis airnya meski diambil banyak orang serta rasanya yang tidak asin walau letaknya ditengah laut.

  1. Hutan Mangrove

Hal lain yang ada di pulau ini adalah adanya hutan mangrove. Abrasi pantai yang menggerus keberadaan pantai akhirnyanya dilokasi ini dikembangkan hutan mangrove. Keberadaan hutan mangrove ini menambah keindahan dan keunikan pulau religius yang  berkunjung disamping melakukan ziarah juga  sekaligus berlibur menikmati keindahan hutan Mangrove.

  1. Keramat Pangeran Jagat Laut

Selain makam ulama besar, ada makam lain hingga  banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah. Makam tersebut adalah makam Pangeran Jaga Laut putra dari Sultan Hasanudin dari Selir. Makam ini menjadi makam yang banyak diziarahi di Pulau Cangkir.

Silsilah Pangeran Jaga Lautan ini sendiri merupakan kakak kandung dari keluarga kesultanan Banten, yakni Ratu Keben, Ratu Terpenter, Ratu Wetan, Ratu Biru, Ratu Ayu warsangehanh Pangeran Pajajaran Wadho dan Tumenggung Walatika. Pangeran Jaga Lautan dalam sejarahnya di pulau ini adalah dalam rangka mengemban amanat untuk mengembangkan ajaran islam ke masyarakat.

  1. Asal Mula Pulau Cangkir

Pulau Cangkir yang letaknya dipesisir Utara Tangerang punya sejarah serta bentuk yang unik. Bentuknya yang menyerupai Cangkir membuat pulau ini disebut pulau Cangkir.

Awal mulanya pulau ini terpisah dari pulau Jawa, hingga untuk memudahkan para peziarah yang banyak datang ke Pulau dibuatlah sebuah jembatan sebagai penghubung.

  1. Objek Sekitar Pulau Cangkir

Usai berwisata ke pulau Cangkir, anda juga bisa menikmati tempat wisata yang letaknya tidak jauh yaitu Pantai Tanjung Kait atau Masjid Pintu Seribu. Banyaknya rumah-rumah makan panggung diatas Pantai menambah keeksotisan wisata ini.

Banyak hal yang dapat anda lakukan saat berada di Pulau Cangkir Wisata Banten ini selain berziarah. Misalnya berfoto, bermain atau menikmati indahnya pulau lain disekitar pulau Cangkir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here