Pemerintah Wajib Dorong Potensi Pariwisata Banyumas

Indonesia sendiri dipenuhi dengan berbagai tempat wisata terbaik dari Sabang hingga Merauke, tidak terkecuali objek wisata yang berada di kawasan Banyumas. Banyak sekali potensi wisata tersembunyi di Banyumas

0
107

Sudah saatnya pemerintah memberikan perhatian dan dukungan lebih maksimal untuk mengembangkan sektor pariwisata Banyumas.

Wisata alam telah jadi salah satu sektor yang pengembangannya meningkat drastis beberapa waktu belakangan ini. Indonesia sendiri dipenuhi dengan berbagai tempat wisata terbaik dari Sabang hingga Merauke, tidak terkecuali objek wisata yang berada di kawasan Banyumas. Banyak sekali potensi wisata tersembunyi di Banyumas.

Dan mirisnya, sejauh ini potensi wisata tersebut masih belum mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat. Kondisi ini menyebabkan perkembangan sektor pariwisata di kawasan Banyumas terbilang cukup stagnan dan tidak menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik lagi. Bahkan bisa dikatakan sektor pariwisata di Banyumas masih ketinggalan jauh dibandingkan perkembangan pariwisata di daerah-daerah lainnya. Sangat memprihatinkan memang.

Curug Ceheng Banyumas_1
Curug Ceheng Banyumas_1

Butuh Dukungan Pemerintah

Saya rasa perkembangan pariwisata Banyumas masih berjalan sendiri dan belum mendapatkan sokongan penuh dari Pemkab setempat. Padahal nyatanya, pemerintah bisa saja memberikan dukungan melalui pembinaan, pengawasan hingga dengan menyediakan infrastruktur yang memadai agar masyarakat bisa berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Banyumas. Seperti yang diketahui, yang namanya wisatawan selalu mencari objek wisata dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga kegiatan wisata bisa berjalan lancar.

Lalu bagaimana jadinya jika kebutuhan krusial ini malah jauh dari kata layak? Tentu saja mereka akan berpikir untuk sekian kalinya apakah tetap berlibur ke suatu tempat atau membuang jauh pikiran tersebut. Di Banyumas sendiri, pemerintah memang telah menyediakan beberapa infrastruktur yang memudahkan wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Banyumas. Hanya saja, penyediaan sarana infrastruktur ini masih belum maksimal dan menjawab  kebutuhan para pengunjung. Guna meningkatkan  pertumbuhan sektor pariwisata, jelas pemerintah harus mengkaji ulang mengenai program pengembangan sektor pariwisata di Banyumas.

Apakah Anda setuju jika saya mengatakan yang namanya objek wisata tidak selamanya harus bergantung pada alam? Ya, bahkan dengan pembentukan kawasan agrowisata atau bahkan membangun kawasan-kawasan lain juga bisa didukung pengembangannya oleh pemerintah dan berbuah hasil menjadi destinasi wisata kekinian yang layak dikunjungi.

Sebut saja seperti kawasan Kemranjen yang terkenal dengan duriannya, harusnya pemerintah Banyumas bisa memaksimalkan kawasan durian ini guna mendongkrak pertumbuhan sektor pariwisata yang ada di Banyumas. Tidak hanya itu saja, upaya pemerintah untuk berani menjual dan mempromosikan destinasi wisata baru juga sangat dibutuhkan.  Baik di promosikan  kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Lebih jauh lagi, pemerintah juga bisa meminta masukan dari masyarakat Banyumas mengenai cara pengembangan potensi wisata.

Upaya Menjual Potensi Wisata

Sejauh ini, upayakan mempromosikan dan memperkenalkan ragam potensi wisata yang ada di Banyumas masih sangat kurang. Bahkan menurut saya pemerintah tidak memiliki keberanian untuk menjual dan menonjolkan objek wisata baru, padahal faktanya inilah yang diinginkan banyak wisatawan. Padahal bisa saja, jika pemerintah setempat mengusulkan semua potensi wisata yang ada di Banyumas dalam kegiatan rakor atau sejenisnya. Tujuannya ialah untuk menawarkan dan menarik sebanyak-banyaknya wisatawan ke daerah Banyumas.

Seperti halnya menjual jasa atau produk, sektor pariwisata pun membutuhkan upaya yang tidak berbeda guna menarik minat banyak orang dengan melakukan promosi besar-besaran. Sudah saatnya pemerintah memberikan perhatian dan dukungan lebih maksimal untuk mengembangkan sektor pariwisata Banyumas. Saya rasa memang gampang-gampang susah melaksanakan hal ini. Bahkan membutuhkan waktu yang tidak singkat sehingga segala perencanaan bisa tercapai. Akan tetapi, dengan sinergi dari seluruh elemen pariwisata plus dukungan penuh pemerintah, maka bukanlah hal yang mustahil jika potensi wisata alam kekinian Banyumas menjadi salah satu yang terdepan di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here