Kebebasan Financial

Dalam berbagai kesempatan kunjungan daerah, beberapa kali Presiden Bapak Joko Widodo memberikan perhatian pada pengembangan Desa Wisata bahkan sering melontarkan pertanyaan kepada masyarakat, bagaimana Indonesia mempunyai ragam budaya bangsa, nama suku daerah Indonesia, bahkan saat kunjunga di Jawa tengah sempat juga belajar bahasa ‘ngapak’  yang menjadi ciri khas masyarakat Banyumasan,.

Seperti kita ketahui, banga Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan menggunakan berbagai bahasa daerah selain bahasa indonesia sebagai bahasa utama, memiliki banyak budaya dan adat istiadat tentunya sangat menarik.

Bagi seorang traveler mengunjungi berbagai tempat baru dengan pesona alam dan budaya adalah sebuah kepuasan tersendiri. Waktu berhari-hari rela dilaluinya untuk menjelajahi tempat-tempat wisata dengan alam dan budaya yang eksotis. Jika Anda seorang traveler apakah sudah mengetahui desa-desa yang terkenal dengan potensi wisatanya?

Jika Anda belum mengetahuinya, maka informasi ini mungkin dapat sedikit membantu.

Desa Wisata Ubud
Desa Wisata Ubud

1. Desa Ubud (Bali)

Salah satu destinasi wisata populer di kabupaten Gianyar adalah desa Ubud. Desa ini menawarkan panorama alami dari alam pedesaan dengan perbukitan dan persawahan yang hijau. Daya tarik dari desa wisata ini bagi para turis adalah kearifan lokal budaya dari masyarakatnya yang masih terpelihara. Disini, para turis juga dapat melihat dari dekat kehidupan masyarakat bahkan terlibat langsung

2. Desa Waturaka (Ende)

Desa Waturaka berlokasi di kanupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Akses menuju lokasi ini dari pusat kota Ende sangat memadai. Sepanjang perjalanan, Anda akan disajikan pemandangan asrinya perbukitan dan disambut dinginnya suhu udara. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di desa ini adalah danau kelimutu yang terkenal dengan keajaibannya, dimana airnya dapat berubah warna.

Desa Waturaka
Desa Waturaka

3. Desa Madobag (Kepulauan Mentawai)

Masyarakat desa Madobag adalah mayoritas berasal dari suku Mentawai. Suku ini masih tetap mempertahankan budaya asli mereka ditengah modernisasi. Jika Anda berkunjung ke desa ini, maka akan benyak menjumpai rumah adat bernama Uma. Satu Uma di desa Madobag mewakili setiap suku. Hal ini menunjukkan eratnya ikatan kekeluargaan dalam masyarakat.

4. Desa Srigentung (Gunungkidul)

Pemerintah kabupaten Gunungkidul memang sedang giat memaksimalkan potensi pariwisata daerahnya. Salah satu destinasi yang mulai populer adalah desa wisata Srigentung. Pengunjung dapat menikmati panorama alam berupa air terjun Sri Getuk dan situs bersejarah berupa Gua Rancang Kencono.

Desa Sungai Nyalo
Desa Sungai Nyalo

5. Nagari Sungai Nyalo (Sumatera Barat)

Nagari (desa) Sungai Nyalo mendapat julukan sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Julukan ini nampaknya tidak terlalu berlebihan jika melihat panorama alam yang disajikan. Anda dapat menikmati kegiatan berupa snorkeling dan jumping di Pulau Sironjing. Selain itu, masih ada dua kawasan ekslusif berupa resort Cubadak dan pulau Pagang.

Demikianlah informasi mengenai beberapa desa wisata paling hits yang dapat Anda jelajahi. Jadi, segeralah siapkan segalanya, baik fisik, logistik, waktu luang dan finansial. Apabila Anda menjelajahi salah satu dari desa ini dijamin akan memperoleh pengalaman tak terlupakan.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here