Bisnis Travel Online untuk Pemula

1
187
Kebebasan Financial

Industri pariwisata di Indonesia dewasa ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tak dipungkiri, salah satu faktor pendukungnya adalah kemajuan teknologi. Dengan adanya kemudahan mengakses internet, saat ini berbagai keperluan pariwisata bisa dipersiapkan secara online. Tak heran jika mulai banyak pula perusahaan-perusahaan yang merambah dunia bisnis travel online.

Baca : Bisnis Online dalam Satu Klik

Apakah hanya perusahaan besar saja yang bisa memulai bisnis tersebut? Tentu tidak, karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun dengan modal gadget dan internet. Anda mungkin salah satu orang yang juga berpeluang sukses dengan bisnis ini, karena keuntungannya sangat menggiurkan. Lalu bagaimana cara memulai bisnis travel online mulai dari nol?

Baca : Tips Memaksimalkan Customer

  1. Mencintai Dunia Traveling

Untuk membuka bisnis travel, Anda tentu harus mencintai dunia traveling terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami berbagai hal tentang wisata, mulai dari transportasi, lokasi wisata, rekomendasi hotel, dan sebagainya. Kecintaan Anda pada dunia traveling ini pastinya juga akan membuat konsumen lebih nyaman dan percaya.

  1. Memilih Partner yang Tepat

Berikutnya Anda harus mencari partner bisnis yang tepat. Carilah perusahaan tour and travel terpercaya yang membuka peluang bisnis atau partnership. Tapi di sini biasanya Anda membutuhkan modal untuk bisa mendapatkan akses, software atau keanggotaan agar bisa memulai bisnis. Jadi apapun keperluan traveling yang dibutuhkan seperti tiket kereta api, tiket pesawat, booking hotel, dsb, bisa Anda lakukan secara mandiri dan terhubung langsung ke server.

  1. Memperluas Jaringan

Bisnis Anda tidak akan berkembang jika hanya terpaku pada satu tempat dan pelanggan yang itu-itu saja. Perluaslah jaringan dan relasi untuk membuat bisnis travel online Anda makin maju. Misalnya dengan bergabung dengan forum atau kegiatan kelompok yang ada kaitannya dengan dunia traveling. Dengan begitu, nama usaha Anda akan lebih dikenal dan tentunya bisa menambah jumlah konsumen.

  1. Penawaran Menarik

Konsumen biasanya akan menjadikan harga sebagai acuan utama kebutuhan traveling mereka. Di sinilah terjadi persaingan sengit antar pelaku usaha travel online. Jadi, Anda harus mempunyai strategi khusus agar konsumen lama tidak pergi ke tempat lain dan bisa mendatangkan lebih banyak konsumen baru. Salah satunya adalah dengan penawaran menarik, seperti promo atau harga yang lebih murah. Misal dalam momen-momen tertentu seperti libur akhir tahun atau libur lebaran, Anda bisa membuat promo khusus.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here