Kebebasan Financial

Siapa bilang jadi ibu berarti tidak bisa bebas traveling bersama balita seperti masa-masa sebelum menikah? Bisa kok. Asalkan anda sudah well-prepared, menyiapkan segala sesuatunya lebih cermat daripada ketika berwisata sendirian, seperti:

  1. Menyiapkan segala kebutuhan traveling jauh-jauh hari
  2. Memilih tas, ransel, atau koper yang cukup menampung barang bawaan, namun sekaligus tidak terlalu membebankan anda dalam perjalanan
  3. Utamakan kebutuhan si kecil
  4. Double check barang-barang bawaan milik anda, pasangan dan tentunya si kecil
  5. Pasang alarm untuk bangun jauh lebih awal di hari keberangkatan

Lalu, apa saja ya yang harus dibawa saat berwisata bersama si kecil yang masih balita, dan tentunya belum bisa menyiapkan kebutuhannya sendiri?

Selain pakaian dan perlengkapan mandi, berikut ini 5 barang yang wajib dibawa saat traveling bersama balita:

  1. Barang favorit

Si kecil tentunya punya barang favorit, misalnya buku cerita, mainan, boneka, atau bantal. Asalkan ukurannya tidak terlalu besar, sebaiknya anda membiarkan si kecil membawa benda favoritnya ini untuk meminimalisir kebosanan di tengah perjalanan. Jangan lupa untuk memberi si kecil tanggung jawab terhadap barangnya, meski anda juga tetap mengawasi.

  1. Diaper dan tisu basah

Balita usia 4 atau 5 tahun memang sebaiknya sudah bisa melakukan rutinitas toilet tanpa diaper, minimal si kecil mampu memberi kode ketika ia butuh ke toilet. Namun jika si kecil masih berusia 1-3 tahun, anda wajib membawa stok diaper, lengkap dengan tisu basah. Siapkan beberapa diaper dan tisu basah di dalam tas yang mudah dibuka kapanpun, sementara sisanya disimpan dalam koper pakaian yang mungkin akan dimasukkan ke bagasi.

  1. Obat-obatan

Pertimbangkan cuaca dan kondisi destinasi wisata anda. Lalu siapkan aneka minyak untuk anak (minyak angin, telon, dan atau minyak kayu putih), plester, vitamin, tablet anti mabuk, bedak gatal, krim anti nyamuk, cairan antiseptic, dan segala sesuatu yang mungkin akan dibutuhkan si kecil disana.

  1. Susu dan atau sereal

Kalau batita anda masih minum ASI, maka anda hanya perlu membawa pompa ASI dan botol. Tapi jika si kecil sudah mengkonsumsi susu formula, sebaiknya anda menyiapkan gelas atau mug yang gampang digenggam dan tidak mudah pecah, termos mini untuk stok air hangat, serta simpan susu formula dalam toples yang tidak terlalu besar (jangan lupa sendoknya!).

  1. Ransel mini

Bawakan si kecil camilan, mainan, jaket, topi, sandal jepit, atau mungkin kacamata hitamnya, dan masukkan ke dalam ransel kecil yang harus ia bawa sendiri. Pastikan isi ranselnya tidak berat dan si kecil nyaman membawanya sendiri kemana-mana. Selain meringankan bawaan anda, si kecil juga belajar bertanggung jawab atas (sebagian) barang pribadinya.

Nah, jangan lupa juga untuk menyiapkan pakaian ekstra sehari-hari seperti handuk kecil, celana panjang, pakaian dalam dan kaos kaki. Selamat menikmati traveling bersama balita Anda ya ibu!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here