Benteng Vredeburg Salah Satu Wisata Terangker di Jogja

Benteng Vredeburg merupakan bangunan yang sudah cukup tua, tentu ada banyak sekali penghuni tak kasat mata yang ada disana

0
120
Misteri Benteng Vredeburg Jogya
Kebebasan Financial


Bagi kamu yang memiliki nyali dan juga mental yang cukup kuat, berkunjung ke tempat wisata angker memang sangat perlu untuk dilakukan guna menguji adrenalin dan juga keberanian yang ada pada diri. Apalagi bagi kamu para pencari hantu, berkunjung ke tempat wisata yang angker merupakan hal yang sangat biasa dilakukan.

Berbicara tentang wisata angker, jogja ternyata memiliki wisata angker. Wisata angker tersebut bernama Benteng Vredeburg. Bagi kamu yang berada di jogja, tentunya sudah tidak asing lagi dengan wisata angker yang satu ini. Ada banyak sekali mitos dan cerita mistis yang menyelimuti Benteng Vredeburg.

Benteng Vredeburg Yogyakarta

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang masih mempercayai hal-hal semacam itu. Apalagi Benteng Vredeburg merupakan bangunan yang sudah cukup tua, tentu ada banyak sekali penghuni tak kasat mata yang ada disana. Angker memang julukan yang sangat tepat untuk Benteng Vredeburg.

Benteng Vredeburg merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1767 yang saat ini telah dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Bila dikalkulasikan, Benteng Vredeburg sudah berusia 251 tahun lebih. Meskipun usianya sudah cukup tua, namun bangunan tersebut masih berdiri kokoh.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Untuk membuat bangunan tersebut tetap kokoh, pihak pengelola telah melakukan renovasi dan juga perbaikan. Hal ini dilakukan agar Benteng Vredeburg tetap berdiri kokoh sampai kapanpun. Peninggalan-peninggalan Belanda juga masih tertata rapi disana. Aroma mistis juga sangat terasa saat pengunjung berada di dalam Bentang Vredeburg.

Dulunya, bangunan ini merupakan pusat pemerintahan dan juga pertahanan residen Belanda dengan menara pantau di setiap sudutnya. Pemerintah Belanda sengaja memasang menara pantau di setiap sudut bangunan tersebut guna dapat mengawasi dan berjaga-jaga apabila ada musuh yang datang menyerang mereka.

Menurut pengakuan warga sekitar, mereka sering sekali melihat penampakan yang susah dicerna oleh akal sehat. Yang pertama adalah pengalaman yang dialami oleh seorang warga yang tinggal di Pakualaman Jogjakarta. Saat itu ia tengah menjaga salah satu stand pameran yang diselenggarakan di bangunan tersebut.

Namun ia mengalami hal yang tak mengenakkan. Saat dini hari, ia mendengar suara-suara aneh di sekitar bangunan tersebut. Ia mendengar suara seperti derap kaki orang-orang yang sedang berbaris yang dibarengi dengan aba-aba menggunakan bahasa Belanda. Hal-hal mistis lainnya juga sering dirasakan oleh para pengunjung yang datang kesana.

Itulah sekilas cerita mistis dan juga sejarah singkat Benteng Vredeburg. Meskipun begitu, kamu tidak perlu takut jika berkunjung kesana. Intinya harus tetap menjaga adab dan juga perilaku  ketika berada disana. Karena biar bagaimanapun Benteng Vredeburg merupakan bangunan tua yang dulunya digunakan sebagai lokasi pemerintahan dan juga pertahanan residen Belanda.

Satu hal yang terpenting jika kamu berada di Benteng Vredeburg, jangan pernah meludah atau membuang sampah sembarangan di dekat patung-patung yang ada disana. Karena ada cerita yang mengatakan jika ada pengunjung yang meludah dan membuang sampah sembarangan di dekat patung-patung yang ada disana, orang tersebut akan pingsan dan tak sadarkan diri.

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada diri kamu saat kamu berkunjung kesana, jagalah adab dan juga perilaku. Biasakanlah untuk membuang sampah pada tempatnya. Hargailah para penghuni tak kasat mata yang ada disana. Karena biar bagaimanapun kita hidup berbarengan dengan mereka.

Meskipun banyak sekali cerita mistis dan juga horor yang menyelimuti Benteng Vredeburg, namun bangunan tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung saat hari libur telah tiba.

Bagaimana, apakah kamu berani berkunjung ke Benteng Vredeburg?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here