Perangkat elektronik apa saja sih yang harus selalu dibawa saat traveling? Seringkali kita merasa enggan membawa terlalu banyak bawaan berat saat berlibur, sepatu, pakaian, kamera, laptop, belum lagi ketika harus pulang dengan oleh-oleh. Dibawa berat, ngga dibawa tapi butuh. Duh!

Kalau kamu juga mengalami kebingungan seperti itu, berarti kamu harus coba gunakan checklist berikut. Selain ponsel pintarmu, ini dia 5 perangkat elektronik yang wajib dibawa saat traveling:

  1. Portable charger (atau power bank) atau adaptor

Sebaiknya tinggalkan charger ponsel di rumah dan bawa portable charger atau power bank sebagai pengganti. Terutama kalau kamu punya dua ponsel yang berbeda, membawa adaptor lebih efektif sehingga bisa digunakan bersamaan.

Power Bank

Dengan begitu, kamu bisa mengisi daya ponsel kapan saja, dimana saja tanpa harus mencari colokan listrik. Jangan lupa untuk selalu memeriksa daya power bank: isi sampai penuh ketika malam hari saat kamu beristirahat, sehingga sudah cukup dibawa keesokan harinya saat beraktivitas seharian.

  1. Kamera

Kalau kamu termasuk orang yang suka mengabadikan momen liburan dengan foto-foto dan video, sebaiknya bawalah kamera saat traveling. Daripada menghabiskan memori dan daya baterai ponsel, gunakan kamera untuk merekam video atau berswafoto. Kamera saku lebih cocok untuk kamu yang berlibur sendirian (solo traveler).

Atau, jika kamu seorang blogger dan cukup aktif mengunggah video dan foto ke dunia maya, jangan lupa untuk membawa tripod kamera agar memudahkan proses perekaman video atau pengambilan gambar-gambar yang menarik.

  1. Memory card

Kecil tapi penting dibawa, cadangan memory card akan sangat dibutuhkan ketika sudah tak ada ruang tersisa untuk menyimpan gambar atau video dalam kamera dan ponselmu. Jadi, kamu tetap bisa mengabadikan setiap momen saat berlibur tanpa harus membuang waktu untuk menghapus foto-foto lama di ponsel.

  1. Flash drive

Untuk keamanan saat traveling ke destinasi yang cukup jauh (misalnya ke luar negeri) dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya kamu menyimpan softcopy segala dokumen penting seperti KTP, passport, e-ticket dan sebagainya ke dalam flash disk atau flash drive. Untuk kamu yang sedikit pelupa, pilih flash drive ukuran sedang dengan warna yang mencolok, serta tambahkan aksesori tali agar flash drive tidak mudah hilang atau ketinggalan.

Musik dan traveling sangat susah dipisahkan
  1. Ipod dan earphone

Lebih suka mendengarkan musik favoritmu di perjalanan? Bawa Ipod, atau bawa earphone untuk mendengarkan musik dari ponselmu. Daripada membawa headset yang akan memakan tempat saat packing, earphone lebih mudah disimpan atau bahkan dimasukkan ke dalam saku. Lagipula, memasang headset cenderung membatasi interaksimu dengan lingkungan sekitar.

Laptop perlu dibawa ngga ya? Kalau laptopmu berukuran cukup besar dan berat dibawa, sebaiknya tinggalkan saja di rumah. Membawa netbook lebih disarankan untuk kamu yang butuh editing foto, video, dan mengunggah ke media sosial. Lagipula, kamu juga bisa memanfaatkan warung internet di tempat wisata yang menyediakan perangkat elektronik yang kamu butuhkan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here